Sukses

Bacaan Doa Saat Merasa Takut dan Gelisah, Amalkan Agar Hati Tenang

Dalam kitabnya Al-Adzkar, Imam An-Nawawi menjelaskan dengan membaca doa ini secara rutin akan membantu kita mengatasi rasa takut yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali dihadapkan pada situasi yang memicu rasa takut, seperti saat berada di lingkungan yang asing atau di tengah orang-orang yang tidak kita kenal. Ketika hal ini terjadi, kita harus mampu mengendalikan emosi kita dan tetap tenang.

Kita harus menyadari bahwa ketakutan adalah sebuah reaksi alami dari tubuh kita terhadap situasi yang dianggap berbahaya atau tidak nyaman.

Namun, kita tidak boleh membiarkan rasa takut menguasai kita. Sebaliknya, kita harus belajar bagaimana menghadapinya dengan bijak. Salah satu cara yang diajarkan oleh Imam An-Nawawi adalah dengan membaca doa yang dapat memberikan ketenangan dan perlindungan kepada kita.

Dalam kitabnya Al-Adzkar, Imam An-Nawawi menjelaskan dengan membaca doa ini secara rutin akan membantu kita mengatasi rasa takut yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini mengajarkan kita untuk selalu mengandalkan Allah dalam segala situasi, baik yang menyenangkan maupun yang menakutkan.

Dengan mengingat Allah dan memohon perlindungannya, kita akan merasa lebih tenang dan yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah atas izin-Nya.

 

Doanya

 

اَللّهُمَّ اِنَّانَجْعَلُكَ فِيْ نُحُوْرِهِمْ وَنَعُوْذُبِكَ مِنْ شُرُوْرِهِمْ 

Allahumma inna naj'aluka fi nuhurihim wa na'udzubika min syururihim.

Artinya,

"Ya Allah, kami menjadikan Engkau sebagai pihak yang memegang leher mereka dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka."

  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Rasa Takut dalam Diri

Tak bisa dipungkiri setiap orang tentu memiliki rasa takut. Meskipun berbeda-beda, tentu ada saja hal yang ditakuti oleh setiap individu. Tentunya rasa takut menjadi hal yang wajar ada dalam diri.

Sayangnya tak sedikit orang yang  menganggap rasa takut merupakan hal yang dapat memberikan dampak negatif. Tak heran banyak orang yang lantas berusaha melawan ketakutan.

Padahal tak banyak yang menyadari bahwa rasa takut sebenarnya dapat memberikan banyak manfaat loh. Contohnya saja seperti dapat menurunkan berat badan serta meningkatkan kinerja otak. Dikutip dari laman Brightside, berikut 6 manfaat rasa takut dalam diri:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ketika mengalami rasa takut, tubuh membakar lebih banyak kalori daripada saat Anda tidak takut pada apa pun. Saat denyut nadi kita bertambah cepat, tubuh kita mengalami aliran adrenalin.

Dalam proses ini metabolisme meningkat dan gula serta lemak dibakar. Dalam sebuah penelitian, ahli fisiologi di London's University of Westminster menemukan bahwa ketika orang menonton film horor, seperti The Shining atau The Exorcist, mereka membakar hingga 113 kalori, jumlah yang sama dengan yang mereka bakar dalam setengah jam berjalan kaki.

3 dari 3 halaman

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Beberapa penelitian telah dilakukan oleh Coventry University di Inggris dengan menginstruksikan partisipan menonton film horor. Kemudian peneliti mengambil sampel darah dari orang-orang tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa takut menyebabkan sel darah putih mereka aktif.

Ini adalah jenis sel yang membantu Anda melawan penyakit dan memperbaiki tubuh. Semakin banyak sel darah putih yang Anda miliki, semakin kuat sistem kekebalan Anda.

3. Buat Diri Lebih Termotivasi

Adrenalin tidak hanya dilepaskan saat Anda merasa takut, tetapi juga bahan kimia lain, seperti serotonin. Ini membantu otak Anda bekerja lebih efisien, jadi ketakutan akan menghasilkan energi.

Misalnya, jika Anda seorang pelari dan Anda mengikuti rute yang sama setiap hari, Anda dengan cepat menjadi terbiasa, tetapi ketika Anda menemukan tempat baru di mana Anda akan sedikit takut dan benar-benar perlu fokus, otak Anda akan mulai bekerja. Otak akan bekerja secara maksimal dan siap menghadapi tantangan baru.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.