Sukses

Doa Akhir Puasa agar Jumpa dengan Ramadhan Berikutnya, Panjang Umur dan Berkah

Memasuki penghujung atau hari terakhir di bulan Ramadan sebaiknya mengamalkan doa akhir Ramadan sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW.

Liputan6.com, Cilacap - Memasuki penghujung atau hari terakhir di bulan Ramadan sebaiknya mengamalkan doa akhir Ramadhan sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW.

Untaian doa kepada Allah SWT merupakan bentuk pengakuan akan Kemahakuasaan Allah SWT, sekaligus bentuk pengakuan seorang hamba yang lemah.

Tanpa bantuan dan pertolongan Allah SWT, mustahil semua keinginan dan cita-cita kita akan terwujud. Oleh sebab itu doa bagi orang mukmin ialah senjata, Addu’a silaakhul mu’min.

Dengan doa kita menjadi kuat dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Terlebih doa tatkala kita akan berpisah dengan bulan yang penuh kemuliaan ini.

Dalam doa tersebut terselip agar Ramadhan ini bukan kali terakhir (panjang umur) dan bisa berjumpa dengan Ramadhan berikutnya. Jikapun menjadi Ramadhan terakhir, maka umur yang sudah terlewat tak lepas dari berkah dan rahmat Allah.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Akhir Ramadhan

Doa yang dibaca di akhir Ramadhan adalah sebagai berikut:

أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Allahumma laa taj'alhu aakhiral 'ahdi min shiyaamina iyyaah, fain ja'altahu faj'alnii marhuuman wa laa taj'alnii mahruuman.

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata."

Doa akhir Ramadhan terdapat pada hadist Jabir bin Abdillah dari Muhammad al Mustafa, yang artinya,

"Siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan di antaranya menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah.”

Doa tersebut mengajarkan kita untuk senantiasa memohon ampunan kepada Allah SWT dan mengakui kebesaran-Nya. Doa ini sangat baik dibaca di akhir bulan Ramadhan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan dan sebagai permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

3 dari 3 halaman

Doa Lainnya

Doa Mohon Ampunan

للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي 

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni

Artinya,

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, suka memaaf, maka maafkanlah aku.”

Doa Mohon Amalan Diterima

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan

Artinya,

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

Doa Memohon Keselamatan

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِرِضَاك مِنْ سَخَطِك وَبِمُعَافَاتِك مِنْ عُقُوبَتِك وَأَعُوذُ بِك مِنْك لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْك أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْت عَلَى نَفْسِك

Artinya, “Tuhanku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu dan kepada afiat-Mu dari siksa-Mu. Aku meminta perlindungan-Mu dari murka-Mu. Aku tidak (sanggup) membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.