Sukses

Doa Saat Bimbang Menentukan Pilihan, Memohon untuk Diberi Petunjuk

Selain berikhtiar dan mempertimbangkan segala hal yang terkait, kita juga dianjurkan untuk membaca doa saat bimbang menentukan pilihan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita seringkali dihadapkan dengan berbagai pilihan yang tidak jarang membuat kita bingung. Mulai dari memilih pekerjaan yang tepat, menentukan pasangan hidup, hingga memutuskan hal-hal sepele dalam kehidupan kita.

Ketika kita merasa bimbang dan tidak tahu harus memilih yang mana, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Selain berikhtiar dan mempertimbangkan segala hal yang terkait, kita juga dianjurkan untuk membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Doa ini merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW dan tertuang dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dari Abu Sa'id Al Khudri.

Doa ini menjadi panduan bagi kita dalam mencari bimbingan dan petunjuk-Nya ketika kita dihadapkan dengan pilihan-pilihan yang sulit. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan kebijaksanaan dan kekuatan untuk memilih yang terbaik dalam setiap pilihan yang kita hadapi.

Kita juga memohon kepada-Nya agar dihindarkan dari kebimbangan dan keraguan dalam mengambil keputusan.

Doanya

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazan. Wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasal. Wa a'udzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a'adzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal.

Artinya,

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Agar Diberi Kemudahan Saat Menghadapi Situasi Sulit

Dalam menjalani kehidupan, tentu tak selalu mulus dan sesuai harapan. Ada kalanya seseorang akan berada di puncak dengan kesuksesan dan harta melimpah, atau malah sebaliknya dengan merasakan penderitaan yang hebat dan tak terduga.

Tentu saja masa-masa hidup bahagia atau pahit pernah dirasakan setiap individu. Ketika seseorang tengah merasa jatuh di saat tak terduga, dan berusaha menyelesaikannya. Nah, pada saat bersamaan malah datang masalah lain yang makin memberatkan.

Dalam kondisi seperti itu, seorang muslim dituntut untuk memohon keringanan kepada Allah SWT. Saat menghadapi situasi sulit, dianjurkan untuk bersabar dan memanjatkan doa ini, yang terkandung dalam Surat Al-Baqarah ayat 286.

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Rabbanaa laa tu’aakhidznaa in nasiinaa au akhtha’naa. Rabbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘alaa alladziina min qablina. Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaa qatalanaa bihi. Wa’fu’annaa, waghfirlanaa, warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alaa al-qaumi al-kaafiriin.

Artinya,

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

3 dari 3 halaman

Infografis Mudik Lebaran 2024, Potensi Pergerakan 193,6 Juta Orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.