Sukses

Berburu Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran 2023 dengan Dana Tak Sampai Rp 200 Juta, Berikut Pilihannya

Bulan Ramadhan 2023 merupakan momen yang istimewa bagi masyarakat Indonesia. Menjelang hari Lebaran adalah waktu yang tepat untuk pulang kampung atau mudik dan bertemu dengan keluarga tercinta.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan 2023 merupakan momen yang istimewa bagi masyarakat Indonesia. Menjelang hari Lebaran adalah waktu yang tepat untuk pulang kampung atau mudik dan bertemu dengan keluarga tercinta.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membeli mobil lalu dibawa ke kampung halaman, banyak pertimbangan yang harus diperhitungkan sebelumnya. Sebuah mobil harus nyaman dan bisa memuat penumpang serta barang bawaan selama perjalanan mudik.

Salah satu opsi yang menarik adalah mobil bekas. Selain harganya terjangkau, unit mobkas sudah langsung tersedia dan bisa dibawa mudik. Dengan libur Lebaran 2023 makin dekat, berikut pilihan mobil bekas cocok untuk liburan dengan harga di bawah Rp 200 juta:

1. Toyota Kijang Innova Gen 1.

Toyota Innova dikenal sebagai mobil yang dapat diandalkan. Toyota Innova memiliki interior yang praktis, mesin bandel, serta harga suku cadang yang terjangkau. Khusus untuk varian diesel, Toyota Innova juga lebih irit bahan bakar.

Toyota Innova yang ideal adalah varian V. Varian ini dilengkapi dengan AC digital, armrest belakang, sepasang airbag, audio steering switch, dan sistem pengereman ABS. Kisaran harga bekas Innova generasi pertama berada di angka sekitar Rp 170-190 jutaan, tergantung kondisinya. Sementara harga tipe bensin cenderung lebih terjangkau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

2. Toyota Avanza Veloz

Sebelum dijadikan sebagai LMPV premium oleh Toyota, model ini merupakan tipe tertinggi dari seri Avanza pada masanya. Mobil ini terkenal tangguh, kokoh, dan mampu menaklukkan tanjakan dengan baik karena memiliki penggerak roda belakang (RWD).

Dengan anggaran sekitar Rp 170-190 jutaan, konsumen bisa membeli Avanza maupun Veloz dengan tahun produksi tahun 2019 atau sebelumnya. Model ini tetap menyediakan fitur-fitur yang lengkap, seperti kamera mundur, audio steering switch, keyless entry dengan start stop, bodykit sporty, dan lampu depan LED.

3 dari 10 halaman

3. Daihatsu Terios

Daihatsu terkenal tangguh dan hemat bahan bakar, sangat cocok untuk digunakan di berbagai jenis jalan di Indonesia. Terios banyak dijual di berbagai situs jual beli mobil bekas dengan harga sekitar Rp 170-220 jutaan.

Daihatsu Terios memiliki berbagai keunggulan, seperti kaki-kaki yang handal, penggerak roda belakang (RWD) yang sangat fleksibel, tersedia dengan kamera 360, serta dilengkapi dengan empat airbags.

4 dari 10 halaman

4. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander terkenal dengan kenyamanan saat dikendarai dan memberikan rasa mobil yang lebih mahal. Dengan dana maksimal Rp 200 juta, model yang tersedia adalah Xpander pre-facelift lansiran 2019 dan sebelumnya.

Lalu opsi modelnyapun juga lebih terbatas. Budget di bawah Rp 200 juta lebih umum mendapatkan tipe Exceed atau GLS, dengan standar yang fitur tidak selengkap varian Sport atau Ultimate.

5 dari 10 halaman

5. Daihatsu Sigra/Toyota Calya

Bagi konsumen yang mencari mobil praktis dengan tahun produksi muda, Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra patut dipertimbangkan. Duet kembar LCGC ini terkenal irit, bandel, mudah dirawat dan mempunyai suplai suku cadang yang melimpah.

Calya dan Sigra cenderung mirip dari segi tampilan hingga fitur yang ditawarkan. Namun Sigra tersedia dengan opsi mesin 1.000cc dan pada umumnya dijual dengan harga lebih rendah. Keduanya sama-sama mudah ditemukan dengan sekitar Rp 150 jutaan di pasar mobil bekas.

6 dari 10 halaman

6. Suzuki SX4 S-Cross

Suzuki SX4 S-Cross cocok bagi keluarga muda yang mencari mobil SUV nyaman dengan deretan fitur yang memadai. S-Cross menawarkan fitur canggih seperti lampu otomatis, cruise control hingga spion tengah auto dimming.

Dengan budget Rp 200 juta, pilihan S-Cross yang ideal adalah model sebelum facelift, keluaran sebelum tahun 2017. Harganya berkisar di angka Rp 130-140 jutaan untuk transmisi manual, sedangkan varian girboks matic dijual Rp 160-170 jutaan.

7 dari 10 halaman

7. Suzuki Ertiga

Ertiga, sebagai LMPV andalan Suzuki, juga bisa dipinang dengan harga terjangkau. Berdasarkan situs jual beli mobil, Ertiga tipe tertinggi GX tahun 2019 dan sebelumnya sering dijual dengan harga Rp 180-200 juta.

Fitur Ertiga GX tahun 2019 antara lain pelek two-tone, defogger kaca depan, panel AC digital otomatis dengan pemanas, head unit layar sentuh 6,8 inci, cup holder depan dengan pendingin, MID monokrom, serta fitur keselamatan standar seperti ABS dan dual airbags.

8 dari 10 halaman

8. Chevrolet Trax

Selanjutnya adalah Chevrolet Trax. Mobil yang pernah bersaing dengan Honda HR-V ini sayangnya sudah tidak lagi diproduksi, membuat harganya menurun. Alhasil moil ini cukup mudah ditemukan di pasar mobil bekas dengan banderolan di bawah Rp 200 juta.

Chevrolet Trax tetap dilengkapi dengan berbagai fitur seperti sunroof, mesin turbo, armrest belakang, dan lainnya. Namun, karena Trax sudah dihentikan produksinya, pastikan bengkel setempat dapat melakukan perawatan pada mobil ini.

9 dari 10 halaman

9. Chevrolet Captiva

Bagi yang mencari mobil diesel modern, Chevrolet Captiva facelift bisa menjadi pilihan menarik. Meski debut pada tahun 2007, versi penyegaran pada tahun 2011 memberikan tampilan yang masih keren.

Chevrolet Captiva juga dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Mobil ini memiliki panel empuk, jok kulit, MID digital, AC dual zone, cruise control dan pengaturan lampu dan wiper otomatis. SUV kekar dari negeri Paman Sam ini banyak dijajakan dengan harga Rp 180 juta atau kurang.

10 dari 10 halaman

10. Daihatsu Xenia

Pilihan berikutnya adalah saudara kembar Avanza, yakni Daihatsu Xenia. Mobil ini sering dijual dengan harga lebih terjangkau daripada Avanza, bahkan untuk tipe tertinggi 1.3 R Deluxe tahun 2019 biasanya dihargai sekitar Rp 160-180 jutaan.

Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe memiliki fitur yang sebanding dengan Veloz, seperti spion lipat otomatis, kamera mundur, AC digital, lampu depan LED, dan sensor parkir depan dan belakang. Namun, mobil ini belum dilengkapi dengan keyless entry dan tombol start-stop.

Sumber: Otosia.com

Penulis: Arendra Pranayaditya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.