Sukses

Mau Mudik Lebaran 2023 Pakai Suzuki Ertiga, Berikut Kisaran Harga Mobil Bekasnya

Liputan6.com, Jakarta - Selain berpuasa selama satu bulan penuh selama Ramadhan 2023, momen istimewa ini juga dimanfaatkan untuk pulang ke kampung atau mudik Lebaran demi bertemu dengan keluarga tercinta.

Bagi Anda yang berencana membawa kendaraan pribadi seperti mobil selama mudik Lebaran, salah satu opsi yang cukup menarik adalah Suzuki Ertiga. LMPV ini menyediakan pengalaman berkendara yang nyaman dan juga memiliki pilihan mesin mild hybrid.

Selain itu, Ertiga juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang cocok untuk perjalanan jarak jauh.

Suzuki Ertiga mengandalkan tampilan yang familiar namun tetap modern hingga saat ini. Pada pembaruan pada Juni 2022 kemarin, tampilan mobil keluarga ini menjadi lebih menawan.

LMPV andalan Suzuki ini memiliki dua jenis tampilan. Yang pertama adalah Ertiga biasa dengan tampilan yang mewah dan diskret, sedangkan yang kedua adalah varian Suzuki Sport yang lebih sporty dengan adanya bodykit khusus.

Bagi Anda yang memiliki dana terbatas, opsi lainnya adalah berburu mobil bekas Suzuki Ertiga. Harganya pun cukup beragam, mulai dari Rp 120 jutaan untuk generasi pertama. Berikut perkiraan harga Ertiga bekas yang dikumpulkan dari berbagai sumber. 

Harga Suzuki Ertiga Bekas:

· Suzuki Ertiga generasi pertama Rp 120-180 jutaan

· Suzuki Ertiga generasi kedua tahun 2018-2022 Rp 170-220 jutaan

· Suzuki Ertiga generasi kedua + Hybrid tahun 2022-sekarang Rp 190-240 jutaan

Sumber: Otosia.com

Penulis: Arendra Pranayaditya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibekali Sistem Elektrifikasi, Berapa Biaya Perawatan Berkala All New Ertiga Hybrid?

Melakukan perawatan berkala menjadi sebuah kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan. Tidak terbatas pemilik mobil konvensional, tapi juga pemilik model elektrifikasi seperti all new Suzuki Ertiga hybrid.

Sebagai LMPV pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi elektrifikasi, Suzuki Ertiga hybrid memiliki biaya perawatan yang cukup terjangkau. Seperti halnya model Suzuki lainnya, pemilik Suzuki Ertiga hybrid juga mendapatkan keuntungan berupa gratis biaya jasa Servis, Oli dan Part hingga jarak tempuh 50.000 km.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, perawatan berkala di bengkel resmi pasti banyak untungnya baik untuk yang hybrid maupun konvensional, seperti harga yang terjangkau, gratis jasa servis, Oli dan Part sampai 50.000 km, ditangani tenaga ahli yang memiliki sertifikasi, hingga pengecekan sebanyak Standar 23 item.

"Dengan adanya teknisi tersertifikasi, selain konsumen bebas cemas, proses perawatan pun dilakukan dengan tepat sehingga mampu menjaga kinerja mesin agar tetap optimal sehingga pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman dan aman. Selain itu, dampak positifnya harga purnajual akan tetap baik meskipun sudah digunakan selama bertahun-tahun," ungkap Hariadi, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (5/9/2022).

Ketika melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, Suzuki akan melakukan pengecekan menggunakan battery tester dan Suzuki Diagnostic Tools-II di setiap pengecekan kendaraan.

Saat jarak tempuh mencapai 10.000 km, Suzuki akan melakukan pengecekan kondisi kendaraan secara menyeluruh dan dilakukan penggantian oli mesin, filter oli, dan gasket untuk menjamin kinerja mesin yang optimal, efisiensi konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang yang rendah.

Saat menempuh jarak 20.000 km, Suzuki akan melakukan penggantian oli mesin, filter oli, gasket, dan busi. Pada jarak 30.000 km, hanya memerlukan penggantian filter oli, oli mesin, dan gasket kembali. Selanjutnya, saat jarak tempuh mencapai 40.000 km, konsumen mendapatkan penggantian oli mesin, filter oli, gasket, filter udara, busi, oli transmisi, minyak rem dan radiator coolant.

Saat jarak mencapai 50.000 km, perawatan yang dilakukan masih sama dengan perawatan jarak tempuh 30.000 km untuk menjamin sistem dapur pacu tetap optimal, efisiensi bahan bakar yang baik, serta emisi gas buang yang rendah.

Biaya perawatan yang terjangkau juga terbukti dari total estimasi biaya perawatan berkala All New Ertiga Hybrid di jarak tempuh selanjutnya, yaitu dari periode 60.000 km hingga 100.000 km yang kisarannya berada di angka Rp 5 jutaan rupiah. Total biaya tersebut sudah termasuk biaya jasa servis dan pembelian komponen fast moving serta pelumas yang harus diganti karena periode pemakaian, namun belum termasuk pembelian parts slow moving sesuai kondisi pemakaian.

Untuk perawatan baterai Lithium-ion All New Ertiga Hybrid, bengkel resmi Suzuki akan selalu melakukan pengecekan kondisi baterai dan memastikannya bekerja dengan optimal. Apabila terjadi masalah, melepas dan memasang baterai lithium-ion harus dilakukan di bengkel resmi Suzuki dan ditangani tenaga ahli.

Kemudian, untuk baterai lithium-ion yang sudah tidak terpakai atau rusak, dapat dikembalikan ke bengkel resmi Suzuki dan selanjutnya akan ditangani oleh pihak ketiga yang sudah bekerja sama dengan Suzuki untuk mengelola limbah B3.

“Selain harga All New Ertiga Hybrid yang kompetitif, Suzuki juga memberikan kemudahan servis. Ditambah lagi dengan adanya garansi untuk khusus untuk lithium-ion battery dan Integrated Stater Generator (ISG) selama 5 tahun atau 100.000 km," tutup Hariadi.

   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.