Sukses

Doa Setelah Yasin Lengkap Arab, Latin, Beserta Artinya

Liputan6.com, Jakarta Doa setelah Yasin perlu dikenali oleh umat Islam. Surah Yasin sendiri merupakan sebuah surah yang kerap kali diamalkan oleh muslim pada malam Jumat. Namun, surah ini juga bisa dibaca secara rutin setiap harinya karena keutamaannya yang begitu besar untuk umat Islam.

Surah Yasin memiliki panjang 83 ayat dan merupakan surah ke-36 dalam Al-Quran. Surah Yasin biasanya dibaca untuk mengirimkan doa kepada orang yang telah meninggal. Doa ini dapat membuat orang yang didoakan mendapatkan keringan siksa kubur.

Doa setelah Yasin dapat menyempurnakan bacaan surah Yasin dan menambah pahala seorang muslim. Dengan berbagai keutamaan yang dimiliki surah Yasin, kamu tentunya bisa melafalkannya secara rutin. Apalagi, surah Yasin juga biasa dilafalkan untuk orang yang sedang sakit ataupun bacaan saat bersyukur.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (19/3/2023) tentang doa setelah yasin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Setelah Yasin Arab

Doa setelah Yasin merupakan doa yang berguna untuk meminta kesempurnaan dari bacaan surah tersebut, agar mendapat ridha dan ampunan dari Allah SWT. Doa setelah Yasin menyempurnakan amalan kamu dalam membaca surah Yasin serta menambah pahala.

Berikut doa setelah Yasin tulisan Arab yang perlu kamu ketahui:

اللّٰهُمَّ اِنّٓا نَسْتَحْفِظُكَ وَ نَسْتَوْدِعُكَ اَدْيَانَنَا وَاَنْفُسَنَا وَاَهْلَنَا وَاَوْلَادَنَا وَاَمْوَالَنَا وَكُلِّ شَيْءٍ اَعْطَيْتَنَا. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ فِى كَنَفِكَ وَاَمَانِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِن كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيدٍ وَذِى عَيْنٍ وَذِى بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى شَرٍّ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. اَللّٰهُمَّ جَمِّلْنَا بِالْعَافِيَةِ وَالسَّلَامَةِ وَحَقِّقنَا بِالتَّقْوٰى وَالْاِسْتِقَامَةِ وَاَعِذْناَ مِنْ مُوجِبَاتِ النَّدَامَةِ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِاَوْلَادِنَا وَمَشَايِخِنَا وَلِاِخْوَانِنَا ِفِى الدِّينِ وَلِاَصْحَابِنَا وَاَحْبَابِنَا وَلِمَنْ اَحَبَّنَا فِيكَ وَلِمَنْ اَحْسَنَ اِلَيْنَا وَ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ يَارَبَّ العَالَمِيْنَ. وَصَلِّ اَللّٰهُمَّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ. وَارْزُقْنَا كَمَالَ الْمُتَابَعَةِ لَهُ وَظَاهِرًا وَبَاطِنًا فِي عَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

3 dari 5 halaman

Doa Setelah Yasin

Doa setelah Yasin juga bisa kamu hafalkan melalui tulisan latinnya. Berikut doa setelah Yasin Latin:

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Allahumma innaa nastahfidzhuka wa nastaudi’uka diinana wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai’in a’thaitanaa.

Allahummaj’alnaa wa iyyaahum fii kanafika wa amaanika wa jiwaarika wa ‘iyaadzika min kulli syaithaanim mariid wa jabbaarin‘ aniid wa dzii ‘ainin wa dzii baghyin wa min syarri kulli dzii syarrin innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Allahumma jammilnaa bil’aafiyati was salaamati wa haqqiqnaa bit taqwaa wal istiqaamati wa a’idznaa min muujibaatin nadaamati innaka samii’ud du’aa’i.

Allahummaghfirlanaa wa li waalidiina wa li aulaadinaa wa li masyaayikhinaa wa li ikhwaaniaa fiddiini wa li ashhaabinaa wa ahbaabinaa wa liman ahabbanaa fiika wa liman ahsana ilainaa wa lil mukminiina wal mukminaati wal musliminiina wal muslimaati ya rabbal ‘aalamiin.

Washalli allahumma ‘alaa abdika warasuulika sayyidinaa wamaulanaa muhammadin wa ‘ala alihi washahbihi wasallam.

Warzuqnaa kamaalal mutaaba’ati lahu dhaahiran wa baathinan fii ‘aafiyatin wa salaamatin birahmatika yaa arhamar raahimiin.

4 dari 5 halaman

Arti Doa Setelah Yasin

Berikut arti doa setelah Yasin:

Ya Allah kami memohon penjagaan-Mu dan menitipkan kepada-Mu agama kami, dari kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta benda kami, dan apa saja yang telah engkau berikan kepada kami.

Ya Allah, semoga Engkau menjadikan kami dalam penjagaan, tanggungan, kedekatan dan perlindungan-Mu dari godaan setan yang menggoda, orang yang kejam, zalim dan durhaka, dan dari kejahatan penjahat, sesungguhnya engkau adalah maha kuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, baguskanlah kami dengan kesehatan dan keselamatan, dan sejatikanlah kami dengan takwa dan istiqamah, jagalah kami dari penyesalan, karena sesungguhnya Engkau maha mendengarkan Doa.

Ya Allah ampunilah kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara kami seagama, sahabat-sahabat kami, kekasih-kekasih kami, orang yang mengasihi kami karena Engkau, dan kepada siapa saja yang berbuat baik kepada kami, orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan orang-orang yang beragama Islam laki-laki dan perempuan, wahai Tuhan semesta alam.

Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada hamba dan utusan-Mu, yaitu junjungan kami Nabi Muhammad saw. beserta para keluarga dan sahabatnya.

Dan limpahkan kepada kami kesempurnaan mengikutinya lahir dan batin, dalam keadaan sehat dan selamat dengan rahmat-Mu wahai sebaik-baik Penyayang dari para penyayang.

5 dari 5 halaman

Keutamaan Membaca Surah Yasin

Setelah memahami doa setelah Yasin, kamu perlu mengenali beberapa keutamaan membaca surah Yasin. Berikut keutamaan membaca surah yasin:

Dimudahkan Urusan

Keutamaan membaca surah Yasin yang pertama yaitu dimudahkan segala urusan. Sebagian ulama yang mengatakan bahwa manfaat surah Yasin dapat membuat kesulitan kamu dimudahkan oleh Allah SWT. Ibnu Katsir dalam tafsirnya juga menjelaskan:

Sebagian ulama berkata: “Di antara keistimewaan surat ini (surat Yasin), sesungguhnya tidaklah surat Yasin dibacakan pada suatu perkara suit, melainkan Allah Swt memudahkannya. Seakan-akan dibacakannya surat Yasin di sisi mayat agar turun rahmat dan berkah dan memudahkan baginya keluarnya ruh.

Dikabulkan Hajat

Manfaat membaca surah Yasin secara rutin juga dapat membuat dikabulkan hajat seorang muslim. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Abu Daud:

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan as-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

Selain itu, Rasulullah SAW menganjurkan setiap muslim untuk membaca surah Yasin untuk orang yang akan meninggal dunia.

Artinya: "Rasulullah SAW berkata, "Bacakanlah surah Yasin pada orang yang akan meninggal." (HR Abu Dawud)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.