Sukses

Rencana Kunjungan Menteri Israel ke Masjid Al-Aqsa Dinilai 'Provokasi Sengaja'

Mantan Perdana Menteri Israel Yair Lapid pada Senin (2/1) mengecam rencana kunjungan menteri keamanan nasional Itamar Ben-Gvir ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur sebagai "provokasi sengaja"

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Perdana Menteri Israel Yair Lapid pada Senin (2/1) mengecam rencana kunjungan menteri keamanan nasional Itamar Ben-Gvir ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur sebagai "provokasi sengaja".

"Itamar Ben-Gvir tidak boleh ke Temple Mount (kompleks Masjid Al-Aqsa)," cuit Lapid di Twiiter, memperingatkan bahwa langkah itu akan menjadi "provokasi yang disengaja yang bakal membahayakan sekaligus mengorbankan nyawa".

Mengutip Antara, Lapid meminta perdana menteri Israel saat ini Benjamin Netanyahu untuk melarang Ben-Gvir melanjutkan niatnya.

Penyiar publik Israel KAN sebelumnya mengatakan bahwa kantor Ben-Gvir telah memberitahu polisi atas rencana kunjungannya ke kompleks Masjid Al-Aqsa pada Selasa atau Rabu.

Jika dikonfirmasi, perjalanan itu akan menjadi yang pertama bagi menteri kabinet sayap kanan Israel itu sejak dia bergabung dengan pemerintahan baru Netanyahu pekan lalu.

Ben-Gvir mempertahankan pandangan sayap kanan tentang Palestina dan menyerukan pemindahan warganya. Dia kerap kali bergabung bersama para pemukim Israel untuk menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menuai Protes di Yerusalem

Politisi sayap kanan Israel itu juga menimbulkan gelombang eskalasi di kota pendudukan tersebut usai mendirikan kantor di daerah Sheikh Jarrah.

Pada November 2022, Presiden Isaac Herzog, lewat audio yang bocor, mengatakan "bahwa seluruh dunia khawatir" dengan pandangan sayap kanan Ben-Gvir.

Bagi kaum Muslim, Masjid Al-Aqsa merupakan situs paling suci ketiga di dunia. Sementara itu, kaum Yahudi menyebutnya Temple Mount (Bukit Bait Suci), mengatakan bahwa itu adalah lokasi dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Masjid Al-Aqsa berada, selama perang Arab Israel pada 1967.

Israel mencaplok seluruh kota tersebut pada 1980 dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.