Sukses

Dokter Mengungkap Manfaat Wudhu untuk Kesehatan, Apa Saja? Cek di Sini

Liputan6.com, Banjarnegara - Tiap hari umat Islam sholat fardhu lima waktu. Salah satu syarat sahnya sholat adalah bebas dari hajat kecil maupun besar, dengan cara mandi besar dan atau wudhu.

Ternyata banyak manfaat wudhu. Salah satunya, yakni saat berkumur. Berkumur termasuk salah satu rangkaian wudhu sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW, meski bukan rukun wudhu.

Dalam Kitab Thaharah Matan Al-Ghayah Wa At-Taqrib karya Al-Qadhi Abu Syuja' dikatakan, berkumur dan menghirup air ke hidung termasuk sunah wudhu yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Dokter gigi RSI Banjarnegara Amalia Rahmaniar Indrati menjelaskan, jika berkumur dalam rangkaian wudhu bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Apalagi umat Islam melakukanya dalam satu hari satu malam hingga 15 kali, setiap wudhu 3 kali, dikalikan 5 kali berwudhu dalam sehari.

Manfaatnya di antaranya mengurangi penempelan sisa makanan di dalam gigi dan mulut.

"Setelah kita makan, secara langsung ada makanan yang menempel baik itu kita sadari atau tidak. Dengan adanya berkumur maka sisa makanan akan ada yang hilang atau bisa berkurang. Setidaknya mengurangi pengendapan," ujar Amalia.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Berapa Lama Berkumur yang Ideal?

"Untuk diketahui, makanan yang menempel dalam waktu lama bisa menyebabkan gigi berlubang atau infeksi gigi, jadi salah satu manfaatnya berkumur adalah untuk mengurangi makanan yang ada di gigi maupun di mulut," ujar dokter gigi ramah ini.

Efek dari menempelkan sisa makanan bisa membuat gigi berlubang, infeksi gigi, bisa juga menyebabkan bau mulut.

Selain berkumur untuk mengurangi atau bersihkan sisa makanan, juga akan membuat area sekitar mulut segar.

"Dengan adanya berkumur ini, seseorang akan merasa mulutnya itu terasa segar. Bau mulut berkurung, ada juga sensasi segar," tambahnya.

Untuk tips berkumur, Amalia menyebutkan, selain menggunakan air bersih, berkumur juga tidak boleh terlalu cepat dan terlalu lama.

"Idealnya 5 detik, hingga 10 detik, lalu segera dibuang airnya," terangnya.

Tim Rembulan-Purbo

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS