Sukses

Bacaan Doa Agar Mendapat Keturunan Anak Laki-Laki Lengkap dengan Tata Caranya

Berbagai cara untuk memiliki anak keturunan laki-laki pun dilakukan, salah satunya dengan doa. Doa menjadi salah satu ikhtiar sepasang suami istri agar memiliki anak laki-laki.

Liputan6.com, Bogor - Kebahagiaan sepasang suami istri satu di antaranya adalah memiliki keturunan yang saleh atau salehah. Sebab, doa dari anak saleh atau salehah termasuk amalan yang tidak akan terputus meski sudah meninggal dunia.

Sepasang suami istri sejatinya akan bersyukur ketika dikarunia keturunan oleh Allah SWT. Namun ketika baru memiliki anak perempuan seringkali sepasang suami istri ingin memiliki anak laki-laki. Alasannya sederhana, biar lengkap ada perempuan dan laki-laki.

Berbagai cara untuk memiliki anak keturunan laki-laki pun dilakukan, salah satunya dengan doa. Doa menjadi salah satu ikhtiar sepasang suami istri agar memiliki anak laki-laki.

Imam Sulaiman bin Muhammad Al-Bujairimi dalam kitab Tuhfatul Habib ‘ala Syarhil Kutub menuliskan doa untuk mendapatkan keturunan anak laki-laki. Berikut adalah doanya yang dikutip dari laman NU.

.بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أُسَمِّيْ مَا فِيْ بَطْنِهَا مُحَمَّدًا فَاجْعَلْهُ لِيْ ذَكَرًا فَإِنَّهُ يُولَدُ ذَكَرًا إنْ شَاءَ اللّٰهُ تَعَالَى 

Arab-latin: Bismillâhirrahmânirrahîm. Allâhumma innî usammî mâ fî bathnihâ Muhammadan faj’alhu lî dzakaran fainnahû yûladu dzakaran insyâ Allâhu ta’âlâ.   

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku akan menamai apa yang ada di dalam kandungannya dengan nama Muhammad, maka jadikanlah ia anak laki-laki bagiku, karena Muhammad dilahirkan sebagai seorang laki-laki, insya Allah.” (Sulaiman bin Muhammad Al-Bujairami, Tuhfatul Habîb ‘ala Syarhil Khathîb, (Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyah, 1996), juz I, h. 520). 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tata Cara Doa

Cara mengamalkan doa untuk memiliki keturunan laki-laki mudah, yakni menaruhkan tangan di atas perut ibu yang sedang hamil. Doa ini bisa dibaca di masa awal kehamilan.

Dalam kitab tersebut, Imam Bujairimi menerangkan bahwa doa untuk mendapatkan keturunan laki-laki telah dipratikkan oleh banyak orang. Hasilnya, memiliki anak keturunan laki-laki sesuai keinginan.

Doa yang dituliskan Imam Bujairimi menjadi upaya batiniah untuk memiliki keturunan anak laki-laki. Manusia hanya bisa berikhtiar, selebihnya Allah SWT yang menentukan.

3 dari 3 halaman

Doa Agar Cepat Punya Anak

Doa adalah rezeki yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada setiap pasangan suami istri. Namun kadangkala masih ada pasangan suami istri yang belum dikaruniai anak.

Sebenarnya ada doa agar cepat memiliki keturunan. Doa ini sebagaimana dipanjatkan oleh Nabi Zakaria AS yang hingga usia senja belum juga istrinya hamil setelah bertahun-tahun menikah. Kemudian Nabi Zakaria dan istrinya berdoa yang diabadikan dalam Al-Qur'an.

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةًۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (QS Ali ‘Imran: 38).

Doanya dikabulkan oleh Allah SWT dengan memberi keturunan seorang anak saleh yang kemudian diberi nama Yahya. Sosok ini menjadi nabi dan rasul yang dikenal dengan Nabi Yahya AS.

Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.