Sukses

Kisah Auzan, Bocah Juara 2 Tahfiz Internasional Bawa Pulang Hadiah Rp750 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Apresiasi tinggi patut diberikan untuk bocah asal Langkat, Sumatera Utara, Zahran Auzan. Dalam usia yang masih amat belia, dia berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancang internasional.

Hafiz Al-Qur'an berusia 13 tahun ini meraih juara 2 pada Musabaqah Hafalan Al-Qur'an (MHQ) Tingkat Internasional di Arab Saudi. Musabaqah bertajuk 'King Abdul Aziz Internasional Holy Qur'an Contest' ini berlangsung pada pertengahan September 2022.

"Alhamdulillah, satu lagi prestasi internasional diraih anak kita. Prestasi ini mengharumkan nama bangsa," ungkap Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin di Jakarta, dikutip dari laman Kemenag, Jumat (30/9/2022).

Meski berusia 13 tahun, buah hati pasangan Ismuddin dan Aminatun Zahriah ini sudah hafal Al-Quran dan mampu bersaing dengan peserta lainnya dari berbagai negara. Total ada 50 negara yang mengirimkan wakilnya.

"Semoga prestasi berikutnya akan menyusul. Kami turut berbangga, bahagia, dan bersyukur," ucap dia.

Kasubdit Lembaga Pengembangan Tilawah dan Musabaqah Al-Qur'an dan Al-Hadits Kemenag, Rijal Ahmad Rangkuty menyatakan, prestasi Auzan merupakan bukti kualitas anak bangsa. Rijal berharap, prestasi Auzan menginspirasi generasi muda.

"Ini merupakan berita gembira untuk masyarakat Indonesia sekaligus penanda bahwa generasi kita mampu bersaing di kancah internasional," ungkap pria yang juga hafal 30 juz Al-Qur'an ini.

Ingin membaca Al-Qur'an dan terjemah dengan mudah, klik di sini:

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Hadiah Rp750 Juta

Rijal juga mengapresiasi kerja keras orang tua Auzan dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara. Menurutnya, prestasi cemerlang Auzan berkat pelatihan dan bimbingan yang diberikan sejak dini.

"Ini inspirasi untuk anak-anak dan orang tua seluruh Indonesia. Ini salah satu keberhasilan pembinaan dan pendidikan sejak dini yang diberikan orang tua dan LPTQ Sumut," imbuhnya.

"Selamat kepada Auzan, di usianya yang baru 13 tahun berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," pungkasnya.

Pada cabang 30 juz MHQ Internasional Tahun 2022 di Arab Saudi, juara 1 diraih Achmad Achiri asal Maroko, juara 2 Zahran Auzan asal Indonesia, juara 3 diraih Abdoulie Njie asal Gambia. Juara 1 berhak mendapatkan uang pembinaan 200.000 riyal, juara 2 mendapatkan 185.000 riyal, dan juara 3 mendapatkan 170.000 riyal.

Mengutip informasi kurs Bank Indonesia (BI), jika dikonversikan dengan rupiah maka Auzan membawa pulang Rp750 juta lebih. Semoga menginspirasi anak-anak Indonesia lainnya untuk berprestasi.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.