Sukses

Tata Cara Sholat Sunah Wudhu Lengkap dengan Niat, Waktu, dan Keutamaannya

Liputan6.com, Semarang - Sholat sunnah wudhu disebut juga sholat syukrul wudhu. Sholat ini termasuk ibadah sunah yang akan menambah pahala bagi yang melaksanakannya. 

Sesuai dengan namanya, sholat sunah wudhu dilaksanakan setelah berwudhu. Ibadah ini sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Allah SWT karena telah bersuci dari hadas kecil melalui wudhu untuk menjalankan ibadah kepada-Nya.

Keutamaan sholat sunah wudhu telah disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim. Berikut sabda Rasulullah SAW terkait sholat sunnah setelah wudhu.

مَا مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ يُقْبِل بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ عَلَيْهِمَا إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

Artinya: "Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu sholat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga." (HR. Muslim no. 234).

Melansir NU Online, keutamaan lain dari sholat sunah wudhu akan diampuni dosanya yang telah lalu. Berikut dalilnya yang dikutip Syekh Zakariya al-Anshari dalam Tuhfatut Thullab.

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ وَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ لَمْ يُحَدِّثْ فِيهِمَا نَفْسَهُ غَفَرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ 

Artinya: "Siapa saja yang berwudhu, lalu menyempurnakan wudhunya dan shalat dua rakaat dengan tidak berbicara kepada dirinya sendiri (dengan urusan duniawi) dalam dua rakaat tersebut, maka diampuni dosanya yang telah lalu."

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tata Cara Sholat Sunah Wudhu

Sholat sunah wudhu dilaksanakan sebanyak dua rakaat. Sholat ini diawali dengan niat, berikut adalah lafalnya.

أُصَلِّي سُنَّةَ الْوُضُوءِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Arab-latin: Ushalli sunnatal uudhu'i rak'ataini lillahi ta'ala.

Artinya: “Saya niat sholat sunah wudhu dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Setelah niat, dilanjutkan dengan gerakan-gerakan sholat pada umumnya. Berikut adalah urutannya.

Rakaat Pertama

1. Takbiratul ihram, dianjurkan membaca doa iftitah

2. Membaca surah al-Fatihah

3. Membaca surah dalam Al-Quran

4. Ruku

5. Itidal

6. Sujud

7. Duduk di antara dua sujud

8. Sujud kedua

Rakaat Kedua

1. Membaca surah al-Fatihah

2. Membaca surah dalam Al-Quran

3. Ruku

4. Itidal

5. Sujud

6. Duduk di antara dua sujud

7. Sujud kedua

8. Tasyahud

9. Salam

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS