Sukses

Pertama Kali, Klub Sepak Bola Inggris Selenggarakan Sholat Idul Fitri Berjamaah di Lapangan

Rekaman udara yang di-tweet oleh klub menunjukkan jemaah memenuhi sekitar setengah lapangan dengan sejadah sementara khotbah disampaikan.

Liputan6.com, Jakarta Pemandangan tak biasa muncul dari Edwood Park, Inggris pada Senin lalu. Tampak ratusan orang berkumpul untuk Sholat Idul Fitri sebagai penanda akhir bulan suci Ramadhan.

Rekaman udara yang di-tweet oleh klub menunjukkan jemaah memenuhi sekitar setengah lapangan dengan sejadah sementara khotbah disampaikan.

Cuitan postingan twitter tersebut adalah akun resminya Blackburn Rovers, klub sepak bola Inggris, yang turut menyemarakkan hari raya Idul Fitri tahun ini.

Dilansir dari The Guardian, Blackburn Rovers menjadi klub sepak bola Inggris pertama yang menyelenggarakan sholat Idul Fitri di lapangan mereka.

“Idul Fitri dari semua orang di Blackburn Rovers. Pagi ini #Rovers menjadi klub sepak bola pertama di negara ini yang menyelenggarakan sholat Idul Fitri di lapangan,"tulis akun resmi Blackburn Rovers, dalam tweetnya.

Ahmed Khalifa, 37 tahun, kelahiran Sudan, yang pindah ke Blackburn dari Uni Emirat Arab sekitar empat bulan lalu, menggambarkan betapa senangnya ia melihat begitu banyak orang di stadion.

“Idul Fitri bagi umat Islam adalah sesuatu yang sangat istimewa, mengumpulkan semua kerabat bersama-sama,” katanya. “Kali ini, bagi kami khususnya, kami sangat merindukan kerabat kami.

“Jadi itu merupakan peristiwa besar bisa melihat sekelompok orang ini. Sangat senang melihat semua orang di sana. Orang-orang Blackburn, mereka semua tampak seperti bagian dari komunitas, tetapi bagi saya yang baru datang ke kota ini … sekarang saya merasa seperti bagian dari komunitas.”

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat komentar positif

Blackburn Rovers bermain di Championship, kasta kedua sepak bola Inggris. Khalifa adalah penggemar Manchester City tetapi mengatakan ia sekarang juga akan mendukung tim tuan rumah barunya. "Saya tahu itu adalah cara Inggris melakukannya," katanya.

“Setiap kota [harus] mendukung tim mereka apa pun yang dilakukan tim mereka, baik atau buruk. Saya akan mendukung mereka sampai mereka berhasil.”

Sholat Idul Fitri dilakukan sebagai bagian dari Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan Ramadhan, dan Idul Adha, hari besar Islam lainnya yang jatuh di akhir tahun.

Pada Idul Fitri, sholat berjamaah dilaksanakan setelah tindakan wajib sedekah kepada orang miskin oleh setiap Muslim yang mampu secara finansial, dan diikuti dengan makan hidangan manis.

Sholat biasanya dilakukan secara berjamaah di area terbuka yang luas seperti lapangan atau masjid, meskipun dalam beberapa tahun terakhir acara telah dibatalkan atau diperkecil karena pandemi Covid-19.

Puluhan pengguna media sosial mengucapkan selamat kepada Blackburn karena menjadi tuan rumah acara tersebut. "Ini sebenarnya cukup menakjubkan. Bagus untuk semua yang terlibat, cukup istimewa untuk kota kecil bernama Blackburn. Semoga klub lain mengikuti," kata salah satu komentar.

Komentar lainnya menyebutkan, “Bangga menjadi Rover. Selamat hari raya Idul Fitri."

Adapun sholat idul Fitri dilaksanakan di seluruh situs ibadah di seluruh negeri pada Senin Pagi. Di Birmingham, diperkirakan 30.000 orang berkumpul di taman Small Heath, sementara sekitar 20.000 orang berkumpul di taman Platt Fields di Manchester.

Lapangan kriket Edgbaston Birmingham bermitra dengan masjid setempat untuk menyelenggarakan shalat di salah satu lapangan pelatihannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.