Sukses

Benarkah 17 Ramadan Adalah Saat Diturunkannya Alquran?

Diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia, Alquran tidak hanya berisi interaksi Tuhan dengan hamba-Nya, melainkan juga sesama manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi umat Muslim, bulan suci Ramadan juga dikenal sebagai Bulan Alquran. Sebab pada bulan ini, Alquran diturunkan Allah SWT pada Rasullah SAW melalui perantara Malaikat Jibril.

Diturunkan sebagai petunjuk untuk seluruh umat manusia, Alquran tidak hanya berisi interaksi Tuhan dengan hamba-Nya, melainkan juga sesama manusia.

Turunnya Alquran ini biasa dikenal dengan Nuzulul Quran. Namun, para ulama sendiri masih bersilang pendapat terkait kapan tanggal turunnya Alquran.

Kendati demikian, mayoritas muslim merayakan 17 Ramadan sebagai Nuzulul Quran. Untuk mengetahui kapan tepatnya Alquran turun, berikut ada beberapa penjelasannya dari sejumlah ayat yang dikutip dari laman Islami.co.

Berdasarkan laman itu, Abdul Wadud Al Hanif dalam kitabnya Nuzulul Quran wal Inayah bihi fi Ahdin Nabi menyebut ada tiga ayat yang mengandung informasi mengenai kapan turunnya Alquran, yakni :

1. Surat Al-Baqarah Ayat 185

Menurut Abu Jafar Ath-Thabari dalam kitab Jamiul Bayan fi Ta’wilil Quran, Alquran diturunkan pada bulan Ramadan tepatnya pada malam Lailatul Qadar dari Lauhul Mahfuz.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

 Artinya:

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilhan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Surat Ad-Dukhan Ayat 3

Abu Jafar Ath-Thabari juga menyebutkan bahwa Alquran diturunkan pada lailah mubarakah (malam yang berkah) atau malam lailatur qadr, malam seribu bulan.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

Artinya:

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan."

 

3 dari 3 halaman

3. Surat Al-Anfal Ayat 41

Imam Ibnu Ishaq (w: 85 h) berpendapat bahwa Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 17 bulan Ramadhan. Pendapat ini berdasarkan pada surat Al-Anfal ayat 41:

وَاعْلَمُوا أَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَأَنَّ لِلَّهِ خُمُسَهُ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ إِنْ كُنْتُمْ آمَنْتُمْ بِاللَّهِ وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya:

"Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil. Jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Cinta Islamiwati

Sumner: Dream.co.id

Reporter: Ahmad Baiquni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.