Sukses

7 Bahaya Makan Pedas untuk Buka Puasa, Begini Cara Tepat Konsumsinya

Ketahui bahaya makan pedas dan cara tepat mengonsumsinya.

Liputan6.com, Jakarta Makanan pedas memang menggugah selera sekali, terutama ketika momen buka puasa tiba. Tetapi sayangnya belum banyak yang memahami bahaya makan pedas untuk buka puasa ini. Dan mungkin saja bagi kebanyakan penggemar pedas, makanan inilah yang membuat nafsu makan bertambah.

Tidak hanya bagi yang memiliki masalah pencernaan saja yang harus mewaspadai bahaya makan pedas untuk buka puasa. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan dengan kandungan capsaicin berlebih juga bisa membuat lambung menjadi terluka. Termasuk bagi mereka yang tidak memiliki masalah pencernaan.

Nah, ditambah lagi ketika puasa perut pasti kosong karena sudah menahan haus dan lapar hampir 14 jam. Jika harus dipaksa untuk berbuka dengan makanan pedas, maka kemungkinan lambung akan terluka menjadi lebih besar lagi.

Namun bukan berarti saat buka puasa tidak boleh mengonsumsi makanan pedas. Di sini pentingnya mengetahui bahaya makan pedas untuk buka puasa dan cara tepat mengonsumsinya. Berikut penjelasan mengenai bahaya makan pedas untuk buka puasa dan cara tepat mengonsumsinya yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahaya Makan Pedas untuk Buka Puasa

1. Maag

Salah satu bahaya dari mengonsumsi makanan pedas adalah penyakit maag. Jumlah cabai yang banyak dapat menyebabkan lambung mengalami iritasi atau peradangan, yang umumnya disebut penyakit maag.

Bisa jadi penderita juga akan mengalami diare dan sakit kepala. Hal ini perlu diwaspadai bagi yang sudah memiliki penyakit maag maupun yang belum.

2. Asam Lambung Naik

Seseorang yang kerap mengonsumsi makanan yang sangat pedas berkemungkinan besar memiliki masalah pada lambung. Hal ini disebabkan karena makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung hingga menyebabkan tenggorokan menjadi panas.

Selain itu, dinding lambung pun dapat mengalami iritasi dan kerusakan. Jadi, porsi mengonsumsi makanan pedas harus benar-benar diperhatikan.

3. Mengiritasi Usus

Usus juga salah satu bagian dari sistem pencernaan tubuh yang terbilang cukup sensitif. Hingga membuat gangguan pada usus akan sulit dihindari sampai menimbulkan iritasi. Agar bisa terhindar dari masalah ini lebih baik untuk menghindari konsumsi makanan pedas saat puasa ya.

3 dari 5 halaman

Bahaya Makan Pedas untuk Buka Puasa

4. Diare

Setelah melewati proses pencernaan dan penyerapan nutrisi, kemudian akan ada proses menjadi ampas di usus besar. Pada kondisi ini, gerak ampas makanan melambat karena usus besar perlu menyerap air untuk membentuk feses yang padat.

Namun, capsaicin pada makanan pedas yang sudah dikonsumsi justru membuat gerak pencernaan menjadi lebih cepat. Hingga mengakibatkan usus besar tidak memiliki waktu untuk menyerap air dan membuat tekstur feses menjadi cair.

Hal yang perlu diperhatikan lagi bahwa kondisi diare ini akan membuat tubuh kehilangan cairan. Padahal selama menjalankan ibadah puasa, asupan cairan sangat dibutuhkan. Jika hal ini terus berlangsung maka kemungkinan terburuk dapat mengakibatkan dehidrasi.

5. Memperparah Tukak Lambung

Mengonsumsi makanan pedas memang dapat menyebabkan sakit perut atau sensasi rasa panas. Apalagi porsi pedas melebihi batas normal. Bagi yang sudah memiliki masalah pencernaan sebelumnya, seperti dispepsia (maag) dan radang usus, gejala penyakit bisa saja kambuh apabila nekat mengonsumsi makanan ini.

4 dari 5 halaman

Bahaya Makan Pedas untuk Buka Puasa

6. Tingkatkan Risiko Gastritis

Gastritis ini merupakan peradangan pada bagian dalam dinding lambung. Jika radang lambung biasa disebabkan oleh infeksi bakteri, tapi penyakit ini dapat dipicu oleh kebiasaan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas. Hal ini akan semakin diperparah jika makanan pedas dikonsumsi saat perut masih benar-benar kosong.

Capsaicinlah yang dapat menyebabkan dinding lambung terluka jika dikonsumsi secara berlebihan. Hingga membuat dinding lambung akhirnya menipis akibat asam lambung dan mengalami peradangan. Dan jika dibiarkan, luka ini dapat terbentuk pada dinding lambung dan menyebabkan tukak lambung.

7. Iritasi Kerongkongan

Saat mengonsumsi makanan yang sangat pedas, lidah akan mengirimkan sinyal nyeri kepada otak. Kemudian otak akan menanggapinya dengan rasa mual, sakit perut, hingga muntah.

Hal ini merupakan respon normal dari perut untuk mengeluarkan apa pun yang dianggap berbahaya bagi tubuh. Nah ketika mengalami muntah akibat asam lambung, maka perut juga akan mengeluarkan makanan yang dicerna beserta asam lambungnya. Dan asam lambung ini merupakan jenis asam yang cukup kuat.

Paparan berulangkali terhadap kerongkongan tentu dapat memicu iritasi, bahkan luka. Dan dapat mengakibatkan kerongkongan terasa nyeri dan tidak nyaman selama berpuasa.

5 dari 5 halaman

Cara Tepat Mengonsumsi Makanan Pedas

1. Boleh mengonsumsi makanan pedas jika tidak mempunyai masalah pencernaan atau kesehatan tertentu untuk menghindari makanan pedas.

2. Tidak boleh mengonsumsi makanan pedas dalam keadaan perut kosong. Misalnya saat berbuka puasa, bisa dengan mengawali dengan minum segelas air putih untuk mengembalikan cairan tubuh.

3. Jangan langsung mengonsumsi makanan berat bahkan pedas, tetapi lebih baik relaksasikan lambung dengan mengonsumsi hidangan berbuka yang ringan dan menyehatkan.

4. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan bagi lambung mencerna makanan dengan normal setelah kosong selama 14 jam. Setelah itu, barulah boleh mengonsumsi makanan pedas untuk buka puasa. Tetapi tetap perhatikan kadar kepedasan dan konsumsinya.

5. Lebih baik batasi makanan pedas di malam hari terutama ketika hendak tidur. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi makanan pedas menjelang waktu tidur bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang membuat kebanyakan orang kesulitan untuk tidur nyenyak.

Bahkan hal ini juga berlaku bagi yang bisa makan pedas tanpa mengalami sakit perut melilit. Hal ini untuk mengantisipasi sambal dan makanan pedas yang dapat membuat kebanyakan orang terjaga di malam hari. Hingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat tidur pulas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini