Sukses

Ini 9 Makanan Buka Kesukaan Rasulullah yang Sebagian Besar Buah

Makanan buka kesukaan Rasulullah mengandung banyak kebaikan dan manfaat untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Makanan buka kesukaan Rasulullah didominasi oleh buah-buahan segar. Melihat dari pilihan makanan Rasulullah untuk berbuka saja menyadarkan kita bahwa Rasulullah sangat memperhatikan kesehatan. Hal ini tentunya menjadi salah satu hal yang wajib diteladani dari Rasulullah.

Makanan buka kesukaan Rasulullah mengandung banyak kebaikan dan manfaat untuk tubuh. Makanan-makanan tersebut juga dapat menunjang aktivitas yang kamu jalankan selama bulan puasa ini. Dengan mengonsumsi makanan kesukaan Rasulullah ini saat berbuka, tubuh akan menjadi segar kembali.

Makanan buka kesukaan Rasulullah ini juga tidak sulit untuk didapatkan. Kamu tidak perlu usaha lebih dalam menemukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/5/2019) tentang makanan buka kesukaan Rasulullah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kurma dan Anggur

1. Kurma

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kurma merupakan makanan buka kesukaan Rasulullah. Konsumsi kurma saat berbuka disarankan dalam jumlah ganjil.

Dengan kadungan gula yang alami membuat kurma sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kurma kaya akan serat, berbagai macam mineral, serta vitamin B-6. Apalagi dengan rasa manis yang enak, kurma juga membuat perut kenyang lebih lama.

2. Anggur

Anggur menjadi salah satu makanan buka kesukaan Rasulullah. Hal ini tidak mengherankan karena anggur memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Apalagi dengan kandungan vitamin C dalam buah anggur yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membuat kamu menjadi semakin kuat selama berpuasa.

Soal rasa tentunya sudah tidak perlu ditanyakan lagi, anggur memang sangat enak dan juga menjadi buah favorit banyak orang. Bahkan dalam Surah Ar-Rad ayat 4 menyebutkan bahwa anggur memiliki kelebihan dalam rasa dibanding buah yang lain.

3 dari 5 halaman

Madu dan Buah Zaitun

3. Madu

Mengonsumsi madu setelah berbuka puasa dapat menjaga kadar gula darah dan sangat baik untuk kesehatan. Rasanya yang manis juga sering dijadikan sebagai pengganti gula yang tentu lebih sehat.

Selain itu, saat puasa kamu bisa menghindari terserang sembelit dan diare akibat makanan yang kamu konsumsi saat berbuka atau sahur. Salah satu makanan buka kesukaan Rasulullah ini bahkan menjadi santapan pagi Rasulullah saat perut kosong.

4. Buah Zaitun

Zaitun memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu hadits menjelaskan tentang manfaat buah zaitun untuk manusia, yang berbunyi:

Dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda," makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi) Jadi dengan hadits di atas sudah jelas tentunya bagaimana manfaat dan berkah yang ada pada buah zaitun.

4 dari 5 halaman

Buah Tin dan Susu

5. Buah Ara/ Buah Tin

Buah ara atau buah tin menjadi salah satu makanan buka kesukaan Rasulullah, dan beliau pernah bersabda bahwa buah tin merupakan buah surga tanpa biji. Manfaatnya yang sangat banyak seperti dapat mengobati sembelit, penyakit usus, bisul, dan lambung membuat buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.

6. Susu

Susu tidak hanya menjadi makanan buka kesukaan Rasulullah, tetapi juga rutin dikonsumsi saat sahur. Dengan kandungan vitamin di dalam susu dapat menjaga kebugaran tubuh kamu seharian. Segelas susu mengandung protein dan kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Rasulullah biasanya mengonsumsi susu kambing atau susu unta semasa hidupnya.

5 dari 5 halaman

Labu, Delima, dan Semangka

7. Buah Labu

Khasiat labu yang sangat baik untuk kesehatan merupakan salah satu makanan buka kesukaan Rasulullah. Apalagi dengan kandungan air yang mencapai 97 persen pada buah labu, membuatnya dapat menjaga cairan dalam tubuh selama berpuasa. Buah labu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, mencegah cacat pada janin, mengobati asma, tekanan darah, penyakit jantung dan kanker.

8. Buah Delima

Buah Delima merupakan salah satu daftar buah surga, yang tercantum pada surat Ar-Rahman ayat 86 yang artinya, "di dalam kedua-dua surga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima." Sedangkan dalam hadits dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk memakan buah tersebut beserta kulitnya.

9. Semangka

Semangka merupakan buah yang cukup sering kamu temuka setiap harinya. Ternyata semangka merupakan salah satu makanan buka kesukaan Rasulullah. Dengan kandungan air yang tinggi, rendah kalori, serta mengandung berbagai vitamin dan mineral membuat semangka sangat baik untuk kesehatan.

Apalagi semangka juga memiliki sifat anti kanker. Semangka juga sering dijadikan sebagai perawatan kulit dengan khasiatnya yang bersifat anti-penuaan.

Itulah beberapa makanan buka kesukaan Rasulullah. Kebanyakan makanan makanan tersebut adalah jenis buah buahan. Hal itu tidak mengherankan karena buah memang memiliki berbagai macam khasiat yang baik untuk kesehatan.

Bahkan di antara makanan kesukaan Rasulullah tersebut banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Sudah seharusnya kita meniru makanan buka kesukaan Rasulullah tersebut agar kesehatan tetap terjaga dan puasa menjadi lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini