Sukses

Ingin Perdalam Ilmu Alquran Selama Ramadan? 3 Aplikasi Ini Patut Dicoba

Tambah berkah di bulan suci Ramadan dengan memperdalam agama lewat aplikasi-aplikasi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dimana semua umat Islam berlomba-lomba dalam mencari pahala. Namun masih banyak orang yang bermalas-malasan ketika bulan Ramadan, dan agak disayangkan bila kondisi berpuasa dijadikan alasan.

Terlebih lagi, sebetulnya kita tidak dianjurkan malas-malasan pada saat puasa. Apalagi sekarang banyak aplikasi Islami yang dapat melengkapi smartphone kita, sehingga pengguna bisa dengan mudah mengakses kitab suci untuk mengaji.

Mengaji adalah cara terbaik agar hati dan pikiran menjadi tenang, tetapi jika kamu sedang bepergian dan tidak sempat atau kelupaan membawa Alquran, maka jangan khawatir, karena saat ini sudah ada beberapa aplikasi Alquran yang bisa kamu download.

Dalam aplikasi-aplikasi tersebut berisi bacaan Alquran yang dilengkapi tafsir dan audio, sehingga memudahkan pengguna untuk membaca, mempelajari, atau mendengar lantunan ayat-ayat suci. 

Berikut tiga aplikasi yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipasang di smartphone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran kedua buatan Indonesia yang wajib kamu download saat bulan puasa ialah Al Quran Indonesia Aplikasi android baca Quran yang satu ini bisa dibilang sangat lengkap karena ada terjemahan ke latin.

Selain itu, tiap ayat juga memiliki audio yang bisa kamu dengarkan dan terdapat pilihan delapan Qori pembaca Alquran. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk orang yang ingin sedang belajar Alquran.

Ditambah lagi, aplikasi ini memiliki penanda agar kamu tahu ayat yang kamu baca sebelumnya, dan bisa dipakai tanpa koneksi internet.

Jika kamu sedang bepergian dan lupa atau tidak sempat membawa Al Quran, aplikasi inilah jawabannya.

 

3 dari 4 halaman

2. Quran Tajwid Indonesia

Masih ada lagi aplikasi baca Alquran yang tak kalah dari sebelumnya, yaitu Quran Tajwid Indonesia. Aplikasi yang sangat ringan membuat banyak diminati masyarakat.

Bagi kamu yang tidak sempat membawa Quran dan tidak memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi, aplikasi yang satu ini sangat cocok dan wajib untuk kamu download karena sangat ringan dan memiliki tulisan yang sangat jelas.

Di aplikasi ini tersedia lengkap tafsir Al-Muyassar, serta 45 variasi Murottal yang bisa di-download untuk tiap surah.

4 dari 4 halaman

3. Muslim Pro

Aplikasi satu ini sudah cukup terkenal. Muslim Pro adalah sebuah aplikasi yang berisi bacaan Alquran, doa sehari-hari, arah kiblat, waktu sholat, dan lainnya yang pastinya sangat lengkap dan berguna banget.

Namun ada beberapa fitur yang bisa dibuka dengan cara berlangganan ke aplikasi yang satu ini guys, tapi semua itu sepadan dengan apa yang disajikan didalam aplikasi ini. Yang jelas, Muslim Pro sudah di-download lebih dari satu juta orang, sehingga membuktikan popularitasnya di kalangan pengguna Muslim.

Demikian tiga aplikasi Alquran yang bisa menemani kamu yang sedang berpuasa. Pastinya, menggunakan fitur berisi ajaran Islami yang dihadirkan aplikasi-aplikasi tersebut akan menjadikan bulan puasa semakin berpahala.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tom/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.