Sukses

Media Arab Saudi Tuduh Jemaah Iran Penyebab Tragedi Mina

Jemaah haji Iran menuju tenda mereka dengan melewati Jalan 204 pada arah berlawanan dengan gerakan haji yang akan melempar jumrah.

Liputan6.com, Mekah - Harian Arab Saudi, Asharq Al-Awsat mewartakan, mengutip seorang pejabat rombongan haji Iran, bahwa ketidakpatuhan terhadap aturan oleh sekitar 300 anggota jemaah haji negara itu telah memicu terjadinya insiden saling injak di Mina yang menewaskan 769 orang dan melukai 934 orang.

Pejabat yang menolak disebutkan jati dirinya itu menyebutkan bahwa pelanggaran aturan oleh jemaah haji Iran itu dimulai sejak awal mereka bergerak dari Muzdalifah pada Kamis pagi ke Jamarat untuk melaksanakan hari pertama melempar jumrah.

Mereka telah diperintahkan untuk pergi ke tenda dari Muzdalifah alih-alih bergerak ke Jamarat bersama barang bawaan mereka. Mereka diperintahkan untuk beristirahat di tenda dan menunggu waktu giliran melempar jumrah.

Tetapi, jemaah haji Iran ini menuju tenda mereka dari Jamarat dengan melewati Jalan 204 pada arah berlawanan dengan gerakan haji yang akan melempar jumrah.

"Aliran jemaah dari 2 arah berlawanan ini bertemu sehingga mengakibatkan penumpukan dan akhirnya saling dorong sampai mengakibatkan saling injak," kata pejabat tadi seperti dikutip Saudi Gazzette, Minggu (27/9/2015).

Menurut sejumlah sumber, ada banyak kamera yang dipasang di terowongan menuju Jamarat dan dari situ jelas terlihat jemaah haji Iran tidak mematuhi aturan pergerakan ke Jamarat.

Adalah keharusan untuk semua gerakan tawaf mematuhi aturan pengelompokan jemaah haji, demikian ditegaskan media itu dalam lamannya. (Ado/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.