Sukses

Kalah Voting, Tjahjo Kumolo PDIP Ucap Selamat pada Ketua MPR Baru

Kalah Voting, PDIP Ucapkan Selamat kepada Ketua MPR Baru

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengungkapkan pihaknya menghargai hasil penghitungan suara dalam sidang paripurna yang memenangkan usulan paket Pimpinan MPR dari Koalisi Merah Putih (MPR).

"Ya kami ucapkan selamat kepada Pak Zulkifli (Zulkifli Hasan). Memang itulah hasil fair (adil) dan tertutup. Itulah hasil terbaik. Yang penting teman-teman sudah berusaha menang," ungkap dia usai pelantikan pimpinan MPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Meski awalnya Koalisi Indonesia Hebat (KIH) menyodorkan tawaran pemilihan pimpinan MPR melalui musyawarah. Namun, ternyata ada 2 paket yang muncul. Sehingga mau tidak mah sesuai tata tertib MPR pasal 26, pemilihan harus dilakukan secara voting.

"Kita ikutin mekanisme," kata Tjahjo.

Dengan menangnya Zulkifli Hasan dari Fraksi PAN sebagai ketua MPR, maka baik pimpinan DPR hingga pimpinan MPR seluruhnya diisi oleh Koalisi Merah Putih. Namun, hal itu menurut Tjahjo tidak menjadi masalah.

"Kalau mau diambil semua nggak ada masalah. Kita fair aja. Kita sudah berjuang. Inilah hasilnya," kata Tjahjo.

Sebelumnya, dari hasil penghitungan suara, paket usulan pimpinan MPR dari KMP mendapatkan 347 suara dari total 678 suara. Mengalahkan usulan paket dari KIH yang hanya mendapatkan 330 suara, dengan 1 abstain.

Sudah Sepantasnya

Sementara, Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul menilai kemenangan usulan pimpinan MPR dari KMP merupakan hal yang sudah sepantasnya.

Ia mengatakan sebelum paripurna pemilihan, SBY sempat menginstruksikan agar seluruh kader Demokrat melihat ke depan meski terus disudutkan koalisi penyokong Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

"Pak SBY membuktikan kalau jabatan bukanlah segalanya. Kami diajarkan Pak SBY kami jangan lihat ke belakang, tapi lihat ke depan. Saya rasa pantas," ucap Ruhut usai sidang paripurna MPR di Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Menurut Ruhut, SBY menyampaikam kepada kader-kadernya bahwa sebagai penyeimbang dan netral, Demokrat harus mendukung yang terbaik. Namun, Ruhut membantah bahwa itu sebagai sindiran kepada PDI Perjuangan.

"Pak SBY tidak demikian. Pak SBY bilang biar everybodi happy, bukan itu yang kami kejar," ucap Ruhut, menanggapi terpilihnya paket pimpinan MPR yang diusung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.