Sukses

Pesan AS untuk Indonesia soal Transisi Pemerintahan

McCain juga mengaku mengapresiasi jalannya pemilihan umum presiden yang menurut dunia internasional berjalan sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai mitra Indonesia, Amerika Serikat berharap Indonesia dapat menyelesaikan proses transisi pemerintahan dengan baik pasca Pemilihan Umum Presiden 9 Juli 2014.

Hal itu disampaikan langsung oleh Senator Amerika Serikat, John McCain, dalam kunjungan kepada Presiden SBY di Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Negara lain termasuk Amerika Serikat berharap proses transisi pemerintahan berjalan dengan baik, terutama penyampaian mengenai hubungan bilateral dengan negara lain oleh Pak SBY ke presiden baru nantinya," kata Staf Ahli Kepresidenan bidang Luar Negeri Teuku Faizasyah ketika ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/8/2014).

Faiz menambahkan, hal itu langsung direspons oleh SBY dan berjanji akan menyampaikan berbagai macam kerjasama bilateral tersebut ke presiden terpilih. Meski saat ini tengah berlangsung gugatan hasil pemilu oleh pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Dalam perbincangannya dengan SBY, seperti disampaikan Faiz, McCain mengaku mengapresiasi jalannya pemilihan presiden yang menurut dunia internasional berjalan dengan sukses dan pantas ditiru.

"Mereka menyampaikan apresiasi atas penyelanggaraan pemilu, terlepas dengan proses di MK yang sedang berjalan, tapi secara umum dunia internasional menilai pemilu berlangsung secara fair dan adil," papar Faiz.

Sebelum mengunjungi SBY, McCain pada satu hari sebelumnya juga telah mengunjungi pimpinan MPR RI Sidarto Danusubroto. Dalam kunjungannya itu, McCain dan Sidarto sepakat untuk terus menjalin hubungan antara Indonesia dengan Amerika Serikat dengan baik. (Yus)

Baca Juga:

SBY Kedatangan Tamu Senator AS Pagi Ini

SBY: Pemimpin Indonesia Tidak Boleh Gila Perang

Dikunjungi Senator AS, SBY 'Pamer' Penyelenggaraan Pemilu 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini