Sukses

Saksi Prabowo-Hatta Bikin Ruang Sidang MK Penuh Tawa

Ada kejadian menarik saat sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2014, yang digelar di MK hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ada kejadian menarik saat sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2014, yang digelar di Mahkamah Kontitusi (MK) hari ini. 3 Hakim Konstitusi dibuat kewalahan oleh saksi pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa asal Papua.

Sidang yang biasanya tegang, dibuat cair oleh saksi bernama Novela Nawifa. Saat ditanya oleh Ketua Majelis Hakim Hamdan Zoelva, perihal proses pemilihan Presiden 2014.

"Tidak ada aktivitas pemilihan, di kampung kami tidak ada di kampung Rawa Butu, tidak ada TPS," kata Novela di sidang MK, Jakarta, Selasa (12/8/2014).

Kemudian Hamdan kembali bertanya tentang keberadaan saksi pasangan nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) di daerah tersebut. "Tidak tahu, saya tidak tahu saksi lain, tidak ada petugas (KPPS). Kami ini di gunung kenapa tidak ada sosialisasi. Tanya saja ke penyelenggara, jangan tanya saya, tanya penyelenggara," ujar Novela dengan nada tinggi.

Mendengar hal itu, sontak pengunjung sidang dan Hamdan tertawa. Hamdan pun mengingatkan Novela untuk menjawab pertanyaan dan tidak berbicara melebar.

"Okelah cukup," ujar Hamdan.

Kemudian pertanyaan dilanjutkan Hakim Konstitusi Patrialis Akbar.

"Saya senang dengan gaya saudara menjawab, teruskan gaya saudara seperti itu, jarang-jarang kita sidang dengan suasana seperti ini," seloroh Patrialis.

Mendengar pernyataan Patrilais, Novela langsung menjawabnya. "Saya jawab apa adanya saja," jawab Novela dengan logat Papua.

Para pengunjung sidang dan para hakim pun kembali tertawa melihat gaya bicara Novela.

Selanjutnya hakim konstitusi Arief Hidayat itu bertanya kepada Novela, perihal rekapitulasi untuk tingkat distrik. "Berapa jarak tempat tinggal saudara dengan TPS, jauh tidak?" tanya Arief.

"Dekat Pak, 300 kilometer, eh 30 meter, 300 meter Pak. Maaf saya manusia bisa salah," kata Novela.

Dengan nada bergurau, Arief mengatakan tidak bisa konsentrasi bila terus bertanya kepada Novela. "Bisa kacau saya lama-lama sama saudara," ujar Arief menaggapi jawaban Novela.

"Kalau bapak kacau, saya lebih kacau lagi," jawab Novela.

Para pengunjung sidang dan hakim Arief pun kembali tertawa mendengar keterangan dari saksi pasangan Prabowo-Hatta itu. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.