Sukses

Rachmawati Masih Anggota Nasdem, Jabatannya Jatuh ke Maxi Gunawan

Maxi sebelumnya menjabat anggota Dewan Pertimbangan Partai Nasdem.

Liputan6.com, Jakarta - Rachmawati Soekarnoputri telah dicopot dari jabatan Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Partai Nasdem. Meski begitu, keanggotaan putri kandung Presiden pertama RI Soekarno itu masih sah sebagai anggota Partai Nasdem.

Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella telah mengeluarkan pernyataan resmi tersebut di Auditorium Kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Selasa (5/8/2014).

Pengambilan keputusan pemberhentian Racmawati diakui Rio juga sudah menjadi keputusan bulat yang diambil melalui proses panjang. Pencopotan Rachmawati dipastikan tidak mempengaruhi posisi struktur di bawahnya dan juga tidak menghilangkan hak politik sang anak.

"Tadi kita rapat semuanya hadir selama 3 jam dan 1 kesimpulan memberhentikan Rachmawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pertimbangan dan bukan sebagai anggota. Anggota iya masih. Dan si Didi anaknya masih anggota DPR terpilih," kata Rio.

Selanjutnya Rio juga menegaskan, posisi Rachmawati terhitung sore ini digantikan oleh Maxi Gunawan. Maxi sebelumnya menjabat anggota Dewan Pertimbangan.

Kemudian menurut Rio, menanggapi ada informasi bahwa sebelumnya Rachmawati telah mengundurkan diri, hingga kini ia mengaku belum menerima surat itu. Meski begitu, Rio mengapresiasi langkah Rachmawati jika setelah atau sebelum tindakan yang diambil partai Nasdem sudah bisa diterima Rachmawati.

"Tadi sudah diputuskan bulat mengganti dengan Maxi Gunawan dan posisi Nono Sampono berikut semua masih seperti semula. Sampai hari ini belum menerima surat pengunduran diri, tapi jika diambil tindakan terus bu Rahma memahami, itu lebih baik," jelas Rio.

Terakhir, Rio menuturkan jika pencopotan Rachmawati lebih karena perbedaan pandangan yang cukup tajam. Rachma juga dinilai sudah keluar dari prinsip dan garis perjuangan yang terdapat di AD/ART Partai Nasdem.

"Bagi kita soliditas Partai Nasdem sudah terbangun dengan baik. Dan jika ada setingkat pimpinan kita lain, kita anggap sudah tidak bisa bersama dan keputusan cukup berat yang kita ambil," pungkas Rio.

Baca juga:

Rachmawati Dicopot dari Jabatan Ketua Wantim Partai Nasdem
Rachmawati Soekarnoputri: Pembukaan Kotak Suara Itu Pidana
Rachmawati Soekarno Sayangkan Munculnya Isu HAM Serang Prabowo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini