Sukses

Jokowi-JK Borong Kemenangan di Kepri, Jambi, dan Bangka Belitung

Hasil rekapitulasi KPU, di Provinsi Bangka Belitung, Jokowi-JK unggul signifikan dari lawannya, Prabowo-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara maraton terus menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara peserta Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2014. Hingga Minggu (20/7/2014) petang, KPU telah mengesahkan hasil perolehan suara di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jambi, Bangka Belitung, dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Di Kepulauan Riau, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa harus mengakui keunggulan Jokowi-JK. Di provinsi ini, Prabowo-Hatta hanya memperoleh 332.908 suara. Sementara Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mendapatkan 491.819 suara.

Rekapitulasi perolehan suara di Kepulauan Riau sempat diwarnai interupsi oleh kubu Prabowo-Hatta. Mereka meminta rekapitulasi ditunda karena banyak terjadi pergeseran pemilih tetap dan pemilih khusus saat pencoblosan 9 Juli kemarin. Salah satu pergeseran terjadi di Kecamatan Mongsa Batam, Lubupanjang, Suangaibeduk, Bengkong, Batam Kota dan di Segurung.

Kemenangan kembali diraih Jokowi-JK di Provinsi Jambi. Sementara pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 871.316 suara, pasangan Jokowi-JK unggul tipis dengan memperoleh 897.787 suara.

Total jumlah perolehan suara di Jambi 1.782.570, terdiri dari suara sah 1.769.103 suara dan suara tidak sah 13.467.

Jokowi-JK kembali memperlihatkan kekuatannya di Provinsi Bangka Belitung. Di provinsi ini, Jokowi-JK unggul signifikan dari lawannya, Prabowo-Hatta. Jokowi-JK memperoleh 412.359 suara, sedangkan Prabowo-Hatta memperoleh 200.706 suara.

Sementara Prabowo-Hatta unggul tipis di Kalimantan Selatan. Dengan disahkannya rekapitulasi perhitungan suara di 4 provinsi tersebut, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi 8 provinsi dari 12 provinsi yang dijadwalkan pada hari ini.

Adapun daftar urutan yang akan direkap dari KPU provinsi adalah Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, DIY, Bengkulu, Jawa Barat dan Sulawesi Barat. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.