Sukses

Tantowi Yahya: Mandat Ical, Golkar Tetap di Koalisi Merah Putih

Kemarin, Tantowi sempat mengatakan, ada kemungkinan partainya bakal bekerja sama dengan pasangan Jokowi-JK di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Tantowi Yahya membantah partainya akan beralih mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Dia menyatakan, Partai Golkar saat ini masih berada dalam Koalisi Merah Putih pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Golkar ada yang pengurus. Pengurus ini seperti saya, Ketua Umumnya Aburizal Bakrie," kata Tantowi usai diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/7/2014).

"Garis dari Aburizal adalah kita berada di Koalisi Merah Putih," imbuhnya.

Kemarin, Tantowi sempat mengatakan, ada kemungkinan partainya bakal bekerja sama dengan pasangan Jokowi-JK di kemudian hari. Hal ini diutarakannya saat menghadiri acara buka puasa bersama Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung.

Acara itu digelar di kediaman Akbar di Jalan Purnawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Acara ini juga dihadiri cawapres nomor urut 1 Hatta Rajasa dan sejumlah petinggi Partai Golkar.

"Ya tidak masalah bekerja sama dengan siapa pun termasuk dengan Jokowi, tapi saat ini kami masih fokus memenangkan Prabowo-Hatta," kata Tantowi di Jakarta, Jumat 11 Juli 2014 kemarin.

Tantowi juga mengungkapkan bahwa partai politik yang tergabung ke dalam Koalisi Merah Putih akan menandatangani kesepakatan pembentukan koalisi permanen pada Senin 14 Juli 2014 mendatang. Koalisi permanen itu berlaku di parlemen sekaligus di pemerintahan bila pasangan yang diusung koalisi ini memenangkan pilpres.

"(Koalisi permanen) Ini untuk menjamin pemerintahan Prabowo-Hatta berjalan stabil. Karena akan dapat dukungan dari mayoritas suara di parlemen," kata Tantowi. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.