Sukses

Anggota Barisan Relawan Jokowi Presiden di Facebook Tembus 1 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Anggota grup Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) yang dibuat di Facebook sejak Juli 2014, telah menembus angka 1 juta orang pada Selasa, 1 Juli 2014.

"Saat menembus angka 1 juta orang pada Selasa malam, sesungguhnya sangat mengharukan. Sebab, selama 24 jam sebelumnya, grup ini sempat di-suspend manajemen Facebook," kata Indra Jaya Rajagukguk, Panglima Media Sosial Bara JP, Rabu (2/7/2014).

Grup beralamat https://www.facebook.com/groups/jokowipresiden7/ di tangguhkan oleh Facebook pada Senin, 30 Juni 2014, dengan alasan yang tidak diketahui. Namun Bara JP di seluruh dunia tidak tinggal diam. Mereka menyatakan bahwa grup tersebut merupakan misi sosial untuk perubahan. Bara JP di Jakarta, melayangkan surat resmi ke kantor Facebook di Gedung Pacific Palace, Jakarta.

"Segala upaya konstruktif dilakukan, sehingga akhirnya sejak Selasa, 1 Juli 2014, sekitar pukul 18.30 WIB, grup kami aktif kembali," jelas Indra dalam keterangan tertulis yang diterima liputan6.com. Dia menekankan, kampanye yang dilakukan grupnya merupakan kampanye simpatik dan tidak meniru gaya pihak lain yang destruktif.

Bara JP sendiri merupakan kelompok Relawan Jokowi yang pertama, berdiri melalui kongres di Bandung 15 Juni 2014, di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), tempat Sukarno diadili dengan pledoi Indonesia Menggugat.

"Mayoritas peserta kongres dari Jakarta, tetapi memilih tempat di Bandung karena di situlah GIM berada. Kalau kami dianggap sebagai kelompok Marhaenis yang mendambakan perubahan, persis sekali," katanya.

Kelompok inilah yang setiap Minggu selalu mensosialisasikan Jokowi di Bundaran HI Jakarta, saat car free day. Hanya libur ketika banjir melanda Jakarta awal tahun ini. Perayaan ulang tahun Bara JP di Bundaran HI, dihadiri langsung oleh Jokowi. Sebelumnya, Jokowi dua kali bertandang ke markas Bara JP.