Sukses

Triple Helix Hatta Sinergikan Riset, Industri & Perguruan Tinggi

Hatta mengaku optimistis konsepnya bisa mewujudkan sinerginya lembaga riset, industri, dan perguruan tinggi yang selama ini belum bersinergi

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Hatta Rajasa punya 3 jurus untuk menyinergikan lembaga riset, industri, dan perguruan tinggi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Yakni melalui konsep 'Triple Helix'. Apa saja?

"Pertama, government, mengembangkan regulasi yang pro kepada peningkatan knowledge dan masuk ke divisi pada sektor-sektor yang kita prioritaskan," ujar Hatta Rajasa dalam Debat Cawapres di hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (29/6/2014).

Dia menambahkan, yang kedua melalui pemerintah memberikan insentif kepada perusahasan yang mengeluarkan dananya untuk riset yang berguna kepada market.

"Ketiga, pemerintah mengeluarkan regulasi percepatan program kewirausahaan," ujar cawapres yang mendampingi capres Prabowo Subianto itu.

Hatta mengaku optimistis bahwa konsep tersebut bisa mewujudkan sinerginya lembaga riset, industri, dan perguruan tinggi yang selama ini belum bersinergi.

Debat Jilid IV antar-Cawapres bertema Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) ini dipandu oleh moderator yang merupakan Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada Bidang Kerja Sama, Dwikorita Karnawati.

Hatta Rajasa datang di lokasi debat dengan didampingi oleh sang istri, Okke Hatta Rajasa dan putra bungsunya, Rasyid Rajasa. Sedangkan JK ditemani Mufidah Kalla. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini