Sukses

Jokowi: Sulit Mencari Sosok Sekelas Gus Dur

Liputan6.com, Jombang - Calon presiden Joko Widodo masih menggelar safari kampanye di Jawa Timur. Kali ini capres nomor urut 2 tersebut berkunjung ke Pondok Pesantren Mambaul Maarif di Desa Denayar, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Di sana, pria yang karib disapa Jokowi ini juga melaksanakan napak tilas dengan mengunjungi tempat lahir dan kediaman masa kecil Presiden kelima RI, mendiang K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Menurut Jokowi, sosok Gus Dur yang juga mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) merupakan tokoh yang ulama yang luar biasa.

"Sampai sekarang sulit mencari sosok sekelas Gus Dur. Ulama tapi juga sebagai presiden. Ini kan luar biasa," kata Jokowi usai kunjungan di Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (28/6/2014).

Di mata Jokowi, sosok Gus Dur dari sudut pandang masyarakat banyak yaitu tokoh yang visioner atau memiliki pemikiran yang jauh ke depan dan menerima banyak perbedaan.

"Gus Dur kalau banyak orang bilang menyampaikan, beliau itu pemikirannya melangkah ke depan. Bapak pluralis," ucap Jokowi.