Sukses

Jokowi: Dukung Kemerdekaan Palestina

Liputan6.com, Jakarta - Capres Joko Widodo mengatakan menyiapkan 3 strategi untuk diplomasi bangsa. Yakni memperkuat hubungan antar pemerintah, memperkuat hubungan antar pelaku bisnis, dan memperkuat hubungan antar masyarakat.

Dalam pemaparan visi-misinya di debat capres ketiga di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/6/2014) malam, Jokowi juga mengatakan mengembangkan politik luar negeri dengan prinsip dasar politik luar negeri bebas-aktif.

Untuk mencapai ketahanan nasional, Jokowi mengungkapkan akan mencapainya dengan empat cara, yakni perlindungan terhadap warga negara, sumber daya alam, meningkatkan daya saing dan keamanan kawasan regional.

"Di sini saya, Jokowi-JK mendukung penuh Palestina sebagai negara yang merdeka dan berdaulat dan mendukung penuh Palestina masuk sebagai anggota penuh PBB," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, politik luar negeri bebas aktif bisa dilaksanakan jika didukung ketahanan nasional yang kuat. "Pejuang-pejuang kita kita telah mendarmabaktikan darahnya untuk negeri ini," lanjut Jokowi.

Berdasarkan hal ini, Jokowi menegaskan membangun ketahanan nasional dengan menyejahterakan prajurit dan keluarganya, memodernisasi alat utama sistem pertahanan dan meningkatkan modernisasi dan industri pertahanan

"Ke depan kita harus memenangkan pertarungan samudera dan maritim kita, ingin Indonesia menjadi poros maritim dunia, kita ingin negara ini berwibawa dan dihormati," katanya. (Yus)