Sukses

Prabowo Santai Hadapi Debat Putaran III Lawan Jokowi

Sebagai mantan prajurit Prabowo dianggap telah memahami persoalan ketahanan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali akan menggelar Debat Capres antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi). Berbeda dengan 2 debat sebelumnya, tema debat Minggu 22 Juni 2014 besok mengangkat tema 'Politik Internasional dan Ketahanan Nasional'.

Wakil Ketua Tim Pemenangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Jenderal Purnawirawan George Toisutta mengatakan tidak ada persiapan khusus oleh kandidat yang diusungnya. Sebab, sebagai mantan prajurit Prabowo telah memahami persoalan ketahanan.

"Nggak ada persiapan khusus. Jadi dari jauh-jauh hari sudah siap," kata George di Rumah Polonia, Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu (21/6/2014).

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu menyakini bila Prabowo yang pernah menjabat Panglima Kostrad itu telah memahami soal pertahanan. Begitu pula soal politik Internasional.

"Dia (Prabowo) kan tentara. Soal ketahanan pasti tahu. Soal politik internasional, dia kan sudah blusukan ke luar negeri," ujar George.

Dia pun menyindir blusukan gaya Prabowo, berbeda dengan blusukan yang dilakukan rivalnya, capres nomor urut 2 Jokowi yang kerap diadakan di pasar.

"Blusukannya bukan ke pasar, tapi keluar negeri. Masalah itu saya kira sudah paham," ungkap dia.

Mengenai persiapan debat besok, tersiar kabar Prabowo mengumpulkan tim ahli. Hanya saja George mengatakan dirinya tak mengetahui secara pasti jadwal capres no 1 tersebut.

"Saya tidak begitu tahu jadwalnya Pak Prabowo," tandas dia.

Besok, KPU telah menetapkan pakar hukum internasional yang juga Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana sebagai moderator dalam Debat Capres putaran III. Debat ini akan digelar di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu 22 Juni 2014 sekitar pukul 08.00 WIB.

Setelah debat ketiga, KPU akan kembali menggelar 2 kali debat. Debat keempat hanya melibatkan cawapres, digelar pada Minggu 29 Juni mendatang. Temanya 'Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Iptek'. Sedangkan debat kelima melibatkan capres dan cawapres dihelat pada 5 Juli mendatang. Temanya 'Pangan, Energi, dan Lingkungan'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.