Sukses

Perkuat Revolusi Mental, Jokowi Juga Fokuskan Pondok Pesantren

Menurut Jokowi, penguatan pendidikan di pondok pesantren akan berkaitan dengan akhlak dan sifat dasar manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka tour kampanye nasional se-Jawa Barat dan Jawa Tengah, capres Joko Widodo menyambangi sejumlah pondok pesantren. Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan, kunjungan ke pondok pesantren ada kaitan dengan 'Revolusi Mental' yang digaungkan dengan pasangannya, Jusuf Kalla (JK).

Menurut Jokowi, dengan memperkuat mental anak muda ditambah dengan asupan ilmu pengetahuan umum, maka akan menambah penguatan terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

"Revolusi mental dari pesantren, dan juga di luar pesantren. Tapi saya kira konsentrasi pengembangan kuatnya (pendidikan) akan terpadu dengan pesantren," ujar Jokowi di Museum Soesilo Sudarman, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (13/6/2014).

Menurut Jokowi, penguatan pendidikan di pondok pesantren akan berkaitan dengan akhlak dan sifat dasar manusia. "Penguatan pesantren sebagai tempat pendidikan, utamanya yang berkaitan dengan akhlakul karimah. Yang berkaitan dengan sikap dan mental ada di sana nanti."

Seperti apa penguatan yang akan diberikan kepada pondok-pondok pesantren di Indonesia, jika Jokowi-JK terpilih Pilpres 2014, Jokowi masih enggan membocorkannya. "Nantilah, tapi makronya seperti itu kira-kira," tandas Jokowi.

Selama kampanye di Jawa Barat dan Jawa tengah, Mantan Walikota Solo ini telah mengunjungi Pondok Pesentren Bustanul Ulum dan Pondok Pesentren Cipasung di Tasikmalaya, Jawa Barat. Pondok Pesentren Albayan, dan Ponpes Al Ihya Ulumaddin di Cilacap, Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.