Sukses

Bicara di Acara Kementerian Kelautan, Jokowi Gaet Menteri Golkar?

Jokowi mengaku, dalam waktu dekat ini ada sosok yang akan mendeklarasikan dukungannya kepada pasangannya.

Liputan6.com, Bandung - Kedatangan capres Joko Widodo dalam acara Kementerian Kelautan dan Perikanan, guna memperingati Hari Kelautan se-Dunia menuai sorotan. Sebab, pria yang akrab disapa Jokowi itu mendapat panggung untuk penyampaian visi-misinya.

Apakah ini untuk mengajak Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo bergabung ke kubu pasangan nomor urut 2 itu? Menanggapi hal itu, Jokowi enggan menjawab banyak. Dia hanya memberikan isyarat bahwa tidak lama lagi akan ada yang deklarasi dukungan.

"Ya lihat aja nanti akan ada mendeklarasikan diri," singkat Jokowi di The Centrum, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/6/2014).

Namun, saat dikonfirmasi apakah Cicip yang akan mendeklarasikan dukungan tersebut, Jokowi lagi-lagi enggan berkomentar banyak dan hanya memberikan isyarat yang sama.

"Ya nanti dilihat. Nanti sebentar lagi dilihat. Dalam persiapan," timpalnya.

Sementara Cicip sendiri saat dikonfirmasi perihal tersebut, enggan berkomentar banyak. Ia mengatakan, hingga saat ini dirinya masih menjadi bagian dari tim pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Lho, kan saya undang Hatta Rajasa juga untuk masukan soal kelautan dan memberikan konsep kelautan kepada mereka berdua. Saya kan ada di Prabowo-Hatta," Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu.

Pada kampanye di Jawa Barat, Jokowi memberikan sambutan dalam launching World Ocean Day di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung. Hari Nusantara 2014 kali ini bertemakan 'Membangun Indonesia Menjadi Negara Maritim yang Kuat, Maju dan Mandiri'.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan bidang maritim dan kelautan adalah sebuah sumber daya yang sangat besar di Indonesia. Dan sangat mungkin bidang kelautan menjadi lapangan kerja.

Maka dari itu, kata Jokowi, dengan visi-misi yang digadang-gadangnya bersama Jusuf Kalla, ia berjanji akan menambah 400 ribu hektare lahan budi daya laut, sebagai program padat karya bidang kelautan.

"Penambahan itu dapat memberikan lapangan kerja bagi 6,7 tenaga kerja sektor maritim yang bisa terangkut dalam proses padat karya bidang kelautan," ujar Jokowi.

Pantauan Liputan6.com, Rabu 11 Juni 2014, beberapa tokoh penting hadir pada acara tersebut. Di antaranya dari PDIP, seperti Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Rieke Diah Pitaloka, Faisal Basri.

Pada Pilpres 2014, pasangan Jokowi-Hatta yang menempati urut nomor 2 itu disokong 5 partai, yakni PDIP, Partai Nasdem, PKB, PKPI dan Partai Hanura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini