Sukses

JK Targetkan Perolehan Suara 50% di Pulau Jawa

Target suara Jokowi-JK 75 juta pemilih, di Jawa 50% dari 75 juta. Sisanya Kalimantan, Papua, Sulawesi dan Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta Pilpres 2014 tinggal 6 pekan lagi. Pasangan capres-cawapres pun gencar melakukan safari politik ke sejumlah daerah, guna mencari dukungan untuk menambah perolehan suara. Cawapres Jusuf Kalla menargetkan perolehan suara Pilpres 9 Juli nanti mencapai 75 juta suara di seluruh Indonesia.

"Target suara kita 75 juta pemilih. Di Jawa 50% dari 75 juta. Sisanya Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan Sumatera," kata pria yang akrab disapa JK itu saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi Seknas Jokowi se-Jawa di Gedung Serba Guna Senayan, Jakarta, Minggu (25/5/2014).

Pasangan Jokowi pada Pilpres 2014 ini mengatakan, relawan nasional Jokowi-JK akan menyebar dan membentuk relawan di tingkat provinsi dan kabupaten. Hal itu sebagai pendekatan dan sosialisasi Jokowi-JK di Indonesia.

"Sehingga bisa memberi suatu pendekatan informasi ke masyarakat, yang terbaik untuk bangsa ke depan," pungkas JK.

Pasangan Jokowi-JK diusung 'koalisi ramping' yang dimotori PDIP, yakni Partai Nasdem, PKB, Partai Hanura dan PKPI. Relawan Jokowi ini kini lebih dari 30 kelompok. Mereka akan berkerja ke lapangan, bahkan hingga ke jejaring sosial.

Kelompok relawan Jokowi di antaranya Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014 (Bara JP), Pro-Jokowi (Projo), Forum Jokowi for Presiden 2014 (JKW4P), dan Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi.

Tak hanya itu, ada juga Jokowi Advanced Social Media Volunteers (Jasmev), relawan Jokowi Ahok Social Media Volunteer yang eksis mendukung dua nama itu di ajang Pemilu Gubernur DKI Jakarta dua tahun lalu.

Di luar kelompok-kelompok itu, Jokowi memiliki puluhan komunitas relawan yang lain. Tidak semuanya dikoordinasikan dari Jakarta. Beberapa di antaranya lahir di daerah-daerah. Contohnya, Sahabat Rakyat yang berdiri di Makassar, Sulawesi Selatan. Posko ini mengonsentrasikan penyebaran jaringan relawan di kawasan Timur Indonesia.

Sementara itu, di Papua ada Relawan Papua untuk Jokowi (Lapak) yang mengakomodasi pendukung di enam wilayah di Bumi Cendrawasih yakni Jayapura, Sorong, Manokwari, Biak Numfor, Mimika, dan Merauke.

Selain berbasis kedaerahan, para relawan Jokowi juga menghimpun diri berdasarkan profesi. Seperti Entrepreneur and Professional for Jokowi (EP for Jokowi). Tidak ketinggalan relawan berbasis kampus seperti Alumni ITB, Alumni Universitas Trisakti, dan Alumni Bulaksumur. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini