Sukses

PDIP: Koalisi dengan PKB Tanpa Bicara Cawapres

Deklarasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPP PKB Marwan Jafar di sela kunjungan Jokowi ke Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung Joko Widodo alias sebagai capres pada Pilpres 2014. Saat mengusung PDIP, PKB tidak meminta syarat posisi cawapres.

"Urusan cawapres menjadi kewenangan Megawati (Ketua Umum PDIP) yang akan berdiskusi dengan capres Jokowi sebagai pengantin," ujar Wasekjen PDIP Achmad Basarah saat mendampingi Joko Widodo bersafari politik ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/5/2014).

Diskusi cawapres itu juga akan melibatkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, sebagai rekan koalisi. Sementara, Jokowi sebagai bakal capres yang diusung ketiga partai tersebut, juga menekankan pembicaraan kerja sama PDIP dengan PKB lebih kepada pemikiran langkah-langkah kedepan.

"Tidak ada bicara cawapres atau menteri. Kalau itu dinomorsatukan ya akan kembali ke yang lalu-lalu. Prioritas ke depan dulu," jelas Jokowi.

Sabtu 10 Mei 2014 malam, PKB resmi berkoalisi dengan PDIP dan Nasdem. Deklarasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPP PKB Marwan Jafar di sela kunjungan Jokowi ke Makassar. Dengan duduk diapit Jokowi dan Ketua DPP Partai NasDem Akbar Faizal, Marwan mengatakan peresmian tersebut berdasarkan keputusan langsung dari Dewan Syuro PKB.

"Diputuskan secara bulat, PKB bekerja sama dengan PDIP untuk mengusung Jokowi sebagai calon presiden," ucap Marwan. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini