Sukses

Jadi Jubir Jokowi, Khofifah Dilibatkan di Rapat PDIP Jatim

Pengangkatan Khofifah Indar Parawansa murni keputusan Jokowi dan tidak melibatkan DPP PDIP Jatim.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa ditunjuk oleh calon presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan Joko Widodo alias Jokowi sebagai juru bicara. Ketua DPD PDIP Jawa Timur Sirmadji mengatakan, pengangkatan Khofifah tersebut murni keputusan Jokowi dan tidak melibatkan pihaknya.

"Itu keputusan Pak Jokowi langsung, kami memang tidak dilibatkan. Beliau diberi mandat penuh oleh PDIP, jadi yang menentukan Pak Jokowi," ujar Ketua DPD PDIP Jawa Timur Sirmadji di kediaman Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Sabtu (3/5/2014).

Terkait keputusan Jokowi itu, Sirmadji mengaku dirinya tidak merasa dilangkahi oleh Jokowi. Sebab, ia menganggap Khofifah telah menjadi tokoh nasional yang tidak hanya berkiprah di wilayah Jawa Timur. Sirmadji justru mendukung keputusan Jokowi tersebut.

"Ya kita mendukung karena Mbak Khofifah langsung ditunjuk oleh Pak Jokowi yang memang telah resmi ditunjuk sebagai capres oleh partai," kata dia.

Dengan penunjukan Khofifah, Sirmadji mengatakan ke depan pihaknya akan melibatkannya dalam rapat internal pemenangan Jokowi di DPD PDIP Jawa Timur. "Sekarang sudah jelas siapa Bu Khofifah, tentu dong dilibatkan. Karena beliau sudah jadi bagian Pak Jokowi, juru bicara nasional," ucap Sirmadji.

Joko Widodo secara resmi telah menunjuk Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansah sebagai salah satu juru bicaranya. Keputusan tersebut diumumkan Jokowi saat dirinya berkunjung ke kediaman Khofifah di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Jokowi bercerita bagaimana dirinya bisa menjadikan Khofifah sebagai juru bicaranya. Jokowi mengaku selama ini dirinya telah mengenal Khofifah cukup lama. Berawal dari pertemanannya itu, Jokowi pun meminta Khofifah untuk ikut berkontribusi memenangkan dirinya sebagai capres.

"Saya ketemu Mbak Khof, saya bilang, `Mbak kita ini temanan lama, mbok saya dibantulah.` Lalu Mbak Khof bilang, `Saya nggak pernah diajak rapat-rapat kok.` Selanjutnya beliau rawuh (berkunjung) dan ia sanggupi menjadi juru bicara Jokowi," ucap Jokowi.

Setelah resmi menjadi jubir Jokowi, Khofifah pun selanjutnya mengundang Jokowi berkunjung ke rumahnya di Surabaya. Jokowi mengaku merasa lebih semangat setelah mendapatkan dukungan dari perempuan yang pernah dua kali gagal menjadi gubernur Jawa Timur itu.

"Setelah ia sanggupi, saya adem dulu. Kemudian setelah itu kami diundang ke Surabaya, Minggu kemarin, kemudian saya ke sini silaturahmi dengan ibu dan bapak semua," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini