Sukses

Temui Guru Cak Imin, Jokowi Cium Tangan

Jokowi memasuki rumah kiai sepuh NU itu dengan disambut lantunan salawat yang dibacakan puluhan santri.

Liputan6.com, Jombang - Setelah menyambangi kediaman Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa, capres PDI Perjuangan Joko W‎idodo alias Jokowi menemui Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa Kiai Haji Abdul Aziz Mansyur di Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyiin, ‎Pacul Gowang, Jombang, Jawa Timur.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di lokasi pada Sabtu (3/5/2014) pukul 18.40 WIB dengan mengenakan kemeja putih dan berpeci hitam. Mantan Walikota Solo itu memasuki wilayah rumah kiai sepuh NU itu dengan disambut oleh lantunan salawat yang dibacakan puluhan santri.

Jokowi yang datang bersama dengan Wasekjen PKB Marwan Fathan Subchi, Ketua DPP PKB Marwan Djaffar dan Wasekjen PDIP Ahmad Basarah pun pelan-pelan melangkah masuk ke rumah sang kiai yang merupakan guru dari Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Tiba di depan rumah, Kiai Abdul Aziz pun langsung berjabat tangan dan memberikan salam pipi kepada Jokowi. Menghormati sang kiai, Jokowi pun tampak mencium tangan Abdul Aziz. Mereka kemudian diterima Abdul Aziz di ruang tamunya.

Setelah sempat berbincang secara terbuka. Kiai Abdul Aziz meminta kepada para tamu masuk ke satu ruangan untuk menggelar pertemuan tertutup. "Biar lebih enak, Pak Kiai ingin agar pertemuannya di dalam saja ya," ucap salah seorang santri. Wartawan kemudian diminta menunggu di luar rumah yang menyatu dengan lingkungan pesantren itu.

Selama di Jawa Timur, Jokowi diagendakan bertemu dengan Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Prawansa di Surabaya. Keduanya membahas sejumlah isu, termasuk mengenai wacana arah peta koalisi sejumlah partai Islam.

Setelah bertemu dengan Khofifah, perjalanan rombongan Jokowi dilanjutkan ke sejumlah pesantren di Jawa Timur. Beberapa pesantren yang akan dikunjungi yaitu Pesantren Tebuireng di Kota Jombang. Di Kota Santri itu, Jokowi akan bertemu dengan pimpinan pesantren, yaitu K.H. Salahuddin Wahid alias Gus Sholah.

Saat ini Jokowi menemui Ketua Dewan Syuro PKB K.H. Azis Mansyur. Selanjutnya, dari Kota Jombang, Jokowi rencananya akan berkunjung ke Tambakberas, mengunjungi Pesantren Putri Al-Lathifiyah I Tambakberas Hajah Mahfudhoh Ali Ubaid dan K.H. Hasib Wahab Hasbullah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini