Sukses

Yorrys Golkar: Akan Lahir Poros Baru Hadang Jokowi

Yorrys menyakini kemungkinan besar gabungan partai itu terdiri dari nasionalis dan partai Islam.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah parpol bergerilya mencari kawan dalam pilpres Juli 2014 mendatang. Menurut Ketua DPP Partai Golkar Yorrys Raweyai, poros baru akan terbentuk sebagai penghadang Jokowi menjadi RI-1.

"Secara pribadi saya yakin akan lahir koalisi besar poros gabungan akan berhadapan dengan Jokowi," kata Yorrys dalam diskuis politik membaca gaya kepemimpinan capres dan mencari sosok cawapres ideal di Jakarta, Minggu (27/4/2014).

Dari dinamika yang dirasakan pada konsolidasi parpol di luar PDIP dan Nasdem, dia menyakini kemungkinan besar gabungan partai itu terdiri dari nasionalis dan partai Islam.

"Seperti Setgab dulu," ucapnya.

Pengamat Politik UPH Emrus dalam kesempatan tersebut juga menyakini gabungan partai-partai politik tersebut bila terkonsolidasi dengan kuat, akan menjadi pesaing kuat Jokowi.

"Bahkan bila memang hanya ada dua kandidat yang maju capres, tentu ini akan lebih menyulitkan Jokowi. Tapi kalau ada tiga atau empat capres, Jokowi yang akan memetik kemenangan," jelas Emrus.

Pengamat Politik UPH Victor Silaen menilai, poros baru penghadang Jokowi hanya kuat bila merupakan lintas partai baik nasionalis maupun Islam.

"Kalau poros baru yang diusulkan seperti koalisi partai-partai Islam akan sulit untuk menandingi Jokowi karena secara umum, perolehan suara partai Islam masih kalah dengan nasionalis," ujar Victor. (Ant/Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.