Sukses

Bara JP Dukung Siapapun Pendamping Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) meneguhkan arah juang mendukung Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo  alias Jokowi sebagai calon Presiden Pilpres 2014. Bara JP juga akan mendukung siapapun calon pendamping Jokowi nanti.

Sekretaris Jenderal Bara JP, Utje Gustaaf mengatakan, keputusan siapa yang akan menjadi pendamping Jokowi adalah hak perseorangan dari mantan Walikota Solo itu. Selama Jokowi menerima dan nyaman dengan siapa tokoh yang akan dipilih, Bara JP siap mendukung.

"Bara JP dalam konteks cawapres tidak akan melakukan pemetaan. Karena bagi Bara JP, semua keputusan adalah keputusan Jokowi. Jadi, jika Jokowi nyaman maka Bara JP siap akan menerima dan mendukung keputusan tersebut," katanya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (17/4/2014).

Dia pun enggan memberikan analisisnya mengenai nama-nama yang disandingkan dengan Jokowi seperti Jusuf Kalla, Gita Wirjawan, dan Panglima Jenderal TNI Moeldoko. Menurutnya, Jokowi sudah memikirkan siapa pendampingnya pada Pilpres 2014.

"Capres yang didukung Bara JP adalah pilihan bapak Jokowi. Kami tidak punya kriteria, kami tidak punya nama. Kami sesuai dengan pilihan Jokowi. Itu penegasan kami. Jika yang lain para relawan Jokowi mempunyai cawapresnya, kami tidak," ujarnya.

Utje mengatakan, jika nantinya Bara JP juga ikut memikirkan siapa pendamping Jokowi, maka itu sama saja mengubah ideologi terbentuknya Bara JP. Keputusan utama dari hasil pertemuan Bara JP di Bandung adalah untuk mendukung Jokowi Capres.

"Kita dari awal terbentuk hanya membahas Jokowi Capres. Tidak memikirkan siapa cawapres. Karena kita percaya Jokowi akan memilih yang terbaik dan mampu bekerjasma dengan dia," lanjut Utje.

Utje menegaskan, siapapun cawapres yang ajukan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan didukung bila Gubernur DKI Jakarta itu menyetujuinya.

"Jokowi tidak mudah ditekuk-tekuk. Dia itu bukan hanya banteng, tetapi induk banteng. Jadi apapun keputusannya nanti, jika cawapres itu adalah usulan PDIP, jika Jokowi menerima, Bara JP akan siap mendukung Jokowi," ungkapnya.