Sukses

Jokowi Gagal `Taklukkan` Ical

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden dari PDIP Jokowi dan capres Partai Golkar Aburizal Bakrie bertemu di Kantor DPP Golkar di Slipi, Jakarta. Pertemuan menjajaki koalisi antara 2 partai. Tapi hasilnya antiklimaks.

Pria bernama lengkap Joko Widodo itu tak berhasil menaklukkan Aburizal Bakrie alias Ical untuk mendukungnya maju sebagai capres pada Pilpres 9 Juli 2014.

"Kami bersepakat PDIP dan Golkar tetap mencalonkan capres sendiri-sendiri. Tapi siapapun yang menang, kami akan mendukung presiden terpilih dalam kerja sama, dalam parlemen untuk Indonesia yang lebih baik," ujar Ical di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Sabtu (12/4/2014).

Menurut Ical, ia tetap akan maju dalam kontestasi perebutan kursi presiden. Bila kalah, ia tak akan menjadi oposisi, tapi akan terus mendukung pemerintahan yang berkuasa nantinya.

"Kita tahu tidak ada partai dapat 50% lebih. Dalam konstitusi kita, presiden dan DPR harus menentukan kebijakan strategis, siapapun presiden terpilih harus membangun koalisi yang kuat. Siapapun presidennya, kita tetap bersahabat," imbuh Ical.

Raut muka Jokowi tampak biasa saja meski terlihat kecewa karena koalisi PDIP dan Golkar tak terjadi.

"Terima kasih Pak ARB, nantinya PDIP punya calon sendiri, Jokowi, Golkar punya calon sendiri. Kita akan ketemu lagi untuk kerja sama parlemennya," tandas Jokowi.

(Shinta Sinaga)