Sukses

Distribusi Logistik Terhambat, Yahukimo Belum Gelar Pileg

Lebih dari 340 ribu warga di Kabupaten Yahukimo, Papua, belum melaksanakan pemungutan suara untuk pemilu legislatif.

Liputan6.com, Yahukimo - Hingga hari ini KPUD Papua masih terus berusaha mengirimkan logistik surat suara ke 35 distrik di Kabupaten Yahukimo. Distribusi logistik pileg pun menggunakan pesawat berbadan kecil jenis caravan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (11/4/2014), sulitnya medan dan cuaca yang terus berubah-ubah, menyulitkan tim yang mendistribusikan logistik surat suara.

Sejauh ini KPUD Papua baru berhasil mengirimkan surat suara ke 16 distrik dari total keseluruhan 35 distrik. Sementara sisanya diupayakan tiba pada hari ini.

Pihak Bawaslu Papua menganalisa adanya kemungkinan pelanggaran yang dilakukan KPUD Yahukimo. Dugaan tersebut muncul terkait keterlambatan distribusi logistik surat suara. Sehingga hak memilih warga di Yahukimo terancam.

Sebelumnya KPUD Papua memastikan pemungutan suara untuk Kabupaten Yahukimo akan dilakukan pada Sabtu 12 April. Kepastian ini tertuang dalam berita acara rapat pleno bernomor 043/BA/PILEG/KPU-YHKM/IV/2014 tentang keterlambatan pencoblosan di kabupaten tersebut. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.