Sukses

Belasan Ribu Mahasiswa di DIY Jadi Golput

Liputan6.com, Yogyakarta - Data yang masuk ke KPU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hanya ada 3.849 pemilih dari kalangan mahasiswa di luar Kota Gudeg yang akan menggunakan haknya dalam Pemilu 2014. Jumlah itu berbeda dengan total mahasiswa di DIY yang mencapai belasan ribu orang.

Kondisi tersebut membuat belasan ribu mahasiswa dipastikan 'golput' pada pileg nanti. Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan mengatakan, sudah berupaya maksimal agar mahasiswa di DIY dapat menggukan haknya.

Ia mengaku sudah melakukan sosialisasi di kampus. Seperti mendatangi para rektor se-DIY ataupun memberikan arahan kepada mahasiswa agar mengunakan hak pilih pada 9 April besok.

"Sistem kita sudah jauh lebih baik, kalau dulu (2009) pemilih dari luar kota harus mencabut hak pilih dari asal wilayah, lalu mendaftarkan ke KPU. Tapi sekarang cukup langsung mendaftar ke KPU saja, nanti petugas KPU akan memberi arahan lokasi terdekat dari domisili mahasiswa," kata Hamdan kepada Liputan6.com, Selasa (8/4/2014).

Dia menjelaskan, pendaftaran bagi pemilih tambahan sudah ditutup sejak 31 Maret lalu. "Kita hanya memberi fasilitas, sudah disampaikan. Kalau masih tidak mendaftar, jangan salahkan KPU. Apakah mereka (mahasiswa) memilih di tempat asal atau golput, kita tidak mengetahuinya," jelas dia.

Hamdan menegaskan, jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap di DIY ada 2.723.621 jiwa dengan jumlah TPS sebanyak 8.523. Setiap TPS terdapat 500 surat suara plus 2%, sehingga jumlahnya 510 surat suara per-TPS.

"Jumlah surat suara itu sudah sesuai, jadi kecil kemungkinan akan kekurangan surat suara," tukas Hamdan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.