Sukses

Cara Bayar Pajak Motor Online di Aplikasi Signal, Mudah dan Simpel Banget

Mengetahui cara bayar pajak motor online di aplikasi Signal sangat penting bagi pemilik kendaraan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Mengetahui cara bayar pajak motor online di aplikasi Signal sangat penting bagi pemilik kendaraan di Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, pemerintah telah mempermudah proses administrasi termasuk pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi digital.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Signal, yang menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). 

Di Indonesia, aturan bayar pajak motor diatur dalam beberapa regulasi. Berdasarkan PP No.5 Tahun 2015, STNK berfungsi sebagai dokumen resmi yang mengesahkan pengoperasian kendaraan bermotor. Pemilik kendaraan wajib memperpanjang STNK setiap tahun dan setiap lima tahun untuk mengganti pelat nomor, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Untuk memudahkan proses tersebut, ada beberapa tips cara bayar pajak motor online di aplikasi Signal yang bisa diikuti.

Pastikan koneksi internet stabil dan siapkan dokumen yang diperlukan sebelum memulai. Periksa kembali data pribadi dan informasi kendaraan dengan teliti, serta pilih metode pembayaran yang sesuai untuk menyelesaikan transaksi dengan lancar.

Berikut Liputan6.com ulas cara bayar pajak motor online di aplikasi Signal, Selasa (18/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bayar Pajak Motor Online

Menggunakan aplikasi Signal untuk bayar pajak motor online memberikan kemudahan dan efisiensi bagi para pemilik kendaraan. Mengikuti langkah-langkah sederhana, Anda bisa menyelesaikan pembayaran pajak motor dari kenyamanan rumah.

Berikut ini adalah cara bayar pajak motor online Signal secara rinci merangkum dari Manual Book Signal Samsat Digital Nasional:

Registrasi

  1. Unduh aplikasi Signal: Untuk memulai cara bayar pajak motor online Signal, unduh aplikasi Signal melalui Play Store atau App Store.
  2. Masukkan data pribadi: Isi informasi seperti NIK, nama, alamat email, nomor ponsel, dan password untuk mendaftar di aplikasi Signal.
  3. Upload foto e-KTP: Langkah penting dalam cara bayar pajak motor online Signal adalah mengunggah foto e-KTP yang jelas dan sesuai ketentuan.

Lengkapi Data Kendaraan STNK

Daftar kendaraan milik sendiri:

  1. Pilih menu tambah data kendaraan bermotor: Mulailah cara bayar pajak motor online Signal dengan memilih menu ini.
  2. Pilih kendaraan atas nama sendiri: Pastikan kendaraan yang didaftarkan adalah atas nama Anda sendiri untuk cara bayar pajak motor online Signal.
  3. Masukkan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) dan nomor rangka: Isikan NRKB dan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan sebagai bagian dari cara bayar pajak motor online Signal.

Daftar kendaraan milik orang lain:

  1. Pilih simbol tambah: Untuk menambah data kendaraan orang lain dalam cara bayar pajak motor online Signal.
  2. Masukkan data kendaraan dokumen digital: Isikan informasi seperti nama pemilik kendaraan, NRKB, nomor rangka, dan NIK pemilik.
  3. Unggah foto e-KTP: Langkah penting lainnya dalam cara bayar pajak motor online Signal adalah mengunggah foto e-KTP pemilik kendaraan.

Pengesahan STNK

  1. Pilih NRKB: Pilih NRKB kendaraan yang akan disahkan dalam aplikasi Signal.
  2. Informasi pembayaran PKB dan SWDKLLJ: Detail pembayaran akan muncul sebagai bagian dari cara bayar pajak motor online Signal.
  3. Kirim dokumen TBPKP: Geser tombol untuk mengirim dokumen TBPKP dalam proses cara bayar pajak motor online Signal.
  4. Masukkan alamat pengiriman: Isikan alamat lengkap untuk pengiriman dokumen dalam aplikasi Signal.
  5. Pilih cara pembayaran: Klik untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan dalam cara bayar pajak motor online Signal.
  6. Muncul kode bayar: Kode bayar, jumlah yang dibayarkan, dan cara pembayaran akan ditampilkan di aplikasi Signal.

 

 

3 dari 4 halaman

Proses Pengiriman Dokumen

  1. Isi data pengiriman: Masukkan informasi pengiriman yang diperlukan dalam cara bayar pajak motor online Signal.
  2. Pilih jasa pengiriman: Tentukan jasa pengiriman yang akan digunakan dalam aplikasi Signal.
  3. Konfirmasi data: Pastikan semua data pengiriman sudah benar sebelum melanjutkan ke pembayaran dalam cara bayar pajak motor online Signal.

Cara Pembayaran STNK Online

  1. Generate kode bayar: Pilih bank yang akan digunakan untuk pembayaran dalam aplikasi Signal.
  2. Cara pembayaran: Ikuti petunjuk pembayaran yang diberikan oleh aplikasi Signal.
  3. Pembayaran selesai: Pastikan pembayaran selesai dan tercatat dalam sistem sebagai bagian dari cara bayar pajak motor online Signal.

Penerbitan e-TBPKP

  1. Pilih NRKB dan klik "Lanjut": Pilih nomor registrasi kendaraan yang sesuai dalam aplikasi Signal.
  2. Daftar e-TBPKP: Klik untuk melanjutkan ke e-TBPKP dalam proses cara bayar pajak motor online Signal.
  3. Pilih e-TBPKP: Detail e-TBPKP akan muncul di layar aplikasi Signal.
  4. Download dokumen: Unduh dokumen e-TBPKP yang telah diterbitkan sebagai bagian dari cara bayar pajak motor online Signal.

Penerbitan e-Pengesahan

  1. Pilih NRKB dan klik "Lanjut": Sama seperti proses e-TBPKP, pilih nomor registrasi kendaraan dalam aplikasi Signal.
  2. Daftar e-pengesahan: Klik untuk melanjutkan ke e-pengesahan dalam cara bayar pajak motor online Signal.
  3. Pilih e-pengesahan: Detail e-pengesahan akan muncul di layar aplikasi Signal.

Mengikuti langkah-langkah di atas, cara bayar pajak motor online Signal menjadi lebih mudah dan cepat. Pastikan setiap data yang dimasukkan benar dan sesuai untuk menghindari kesalahan dalam proses pembayaran.

4 dari 4 halaman

Tips Bayar Pajak Motor Online

Berikut adalah beberapa tips bayar pajak motor online di aplikasi Signal yang dapat membantu Anda menyelesaikan proses dengan lebih cepat dan efisien:

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Stabilitas Koneksi: Salah satu tips bayar pajak motor online di aplikasi Signal adalah memastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Koneksi yang baik akan mencegah gangguan selama proses pengisian data dan pembayaran.

2. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen Penting: Sebelum memulai, siapkan semua dokumen yang diperlukan seperti e-KTP, STNK, dan informasi kendaraan. Tips bayar pajak motor online di aplikasi Signal ini akan mempercepat proses pengisian data tanpa harus mencari-cari dokumen saat diperlukan.

3. Periksa Data Pribadi dengan Teliti

Kebenaran Data: Tips bayar pajak motor online di aplikasi Signal yang penting adalah memeriksa kembali data pribadi yang dimasukkan seperti NIK, nama, dan alamat email. Data yang akurat akan mencegah masalah di kemudian hari.

4. Unggah Foto Dokumen dengan Jelas

Kualitas Foto: Pastikan foto e-KTP dan dokumen lainnya diunggah dengan jelas dan tidak buram. Tips bayar pajak motor online di aplikasi Signal ini membantu dalam verifikasi data oleh sistem.

5. Cek Kembali Informasi Kendaraan

Detail Kendaraan: Tips bayar pajak motor online di aplikasi Signal berikutnya adalah memastikan semua informasi kendaraan seperti NRKB dan nomor rangka diisi dengan benar. Kesalahan dalam mengisi data kendaraan bisa menghambat proses pembayaran.

6. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Kemudahan Pembayaran: Tips bayar pajak motor online di aplikasi Signal adalah memilih metode pembayaran yang paling nyaman bagi Anda. Aplikasi Signal menawarkan berbagai opsi pembayaran, jadi pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Gunakan Jasa Pengiriman Terpercaya

Keamanan Dokumen: Jika Anda memilih untuk mengirim dokumen fisik, tips bayar pajak motor online di aplikasi Signal adalah menggunakan jasa pengiriman yang terpercaya untuk memastikan dokumen sampai dengan aman.

8. Simpan Bukti Pembayaran

Dokumentasi Pembayaran: Tips bayar pajak motor online di aplikasi Signal yang tidak kalah penting adalah selalu menyimpan bukti pembayaran. Ini berguna sebagai referensi jika terjadi masalah di kemudian hari.

9. Periksa Status Pengiriman Dokumen

Tracking Pengiriman: Tips bayar pajak motor online di aplikasi Signal adalah memeriksa status pengiriman dokumen secara berkala. Hal ini memastikan Anda mengetahui kapan dokumen akan sampai.

10. Update Aplikasi Secara Berkala

Versi Terbaru: Pastikan aplikasi Signal selalu diperbarui ke versi terbaru. Tips bayar pajak motor online di aplikasi Signal ini memastikan Anda mendapatkan fitur terbaru dan perbaikan bug yang mungkin ada.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.