Sukses

5 Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus, Gampang Banget

Terlepas dari apa yang menyebabkan kontak tersebut terhapus, ada beberapa cara untuk mengembalikan kontak yang terhapus.

Liputan6.com, Jakarta Semakin berkembangnya teknologi dan penggunaan smartphone, kontak menjadi bagian penting dalam hidup kita. Kontak merupakan daftar orang-orang yang kita kenal dan berinteraksi secara rutin. Namun, tidak jarang ada momen di mana kita kehilangan kontak seseorang karena sengaja atau tidak sengaja terhapus. Ketika kita benar-benar membutuhkannya, kehilangan kontak tersebut tentu saja menjadi masalah yang membuat frustasi.

Kejadian ini dapat terjadi dalam berbagai situasi. Misalnya, saat kita melakukan pembaruan sistem atau mengganti ponsel baru, kita mungkin mengalami kehilangan kontak karena tidak adanya backup yang cukup atau pengaturan yang salah. Selain itu, tanpa disadari, kita juga bisa saja secara tidak sengaja menghapus kontak penting ketika membersihkan kotak masuk atau mengatur kontak-kontak yang ada di ponsel.

Namun, tahukah kita bahwa kehilangan kontak tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan mudah? Terlepas dari apa yang menyebabkan kontak tersebut terhapus, ada beberapa cara untuk mengembalikan kontak yang terhapus. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur backup dan sinkronisasi yang disediakan oleh layanan ponsel atau aplikasi kontak. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita dapat memulihkan kontak yang hilang dengan mudah dan cepat.

Selain itu, jika backup kontak tidak tersedia, ada juga beberapa aplikasi dan perangkat lunak khusus yang dapat membantu mengembalikan kontak yang terhapus. Dengan hanya beberapa langkah sederhana, kita dapat memulihkan daftar kontak lengkap untuk dipergunakan kembali.

Berikut adalah 5 cara mengembalikan kontak yang terhapus seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (17/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus via Pengaturan

Apakah Anda pernah kehilangan kontak yang penting dari perangkat Anda? Jangan khawatir, ada cara untuk mengembalikan kontak yang terhapus dengan menggunakan pengaturan perangkat Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Buka menu "Pengaturan" pada perangkat Anda.

2. Gulir ke bawah sampai Anda menemukan opsi "Google" atau "Google Service", mungkin nama fitur ini berbeda-beda di setiap merk HP.

3. Pilih opsi "Set Up and Restore" atau "Pengaturan dan Pemulihan".

4. Klik pada "Restore Contact" atau "Pemulihan Kontak".

5. Selanjutnya, akan muncul daftar akun Google yang terhubung dengan perangkat Anda. Pilih akun Google yang Anda gunakan di smartphone tersebut.

6. Setelah itu, akan ditampilkan semua kontak yang pernah ada di dalam smartphone Anda.

7. Pilih nomor kontak yang sebelumnya terhapus dari daftar yang ditampilkan.

8. Setelah Anda memilih, nomor kontak yang terhapus akan dipulihkan ke dalam daftar kontak perangkat Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan kontak yang terhapus melalui pengaturan perangkat Anda. Pastikan untuk memilih nomor kontak yang tepat agar dapat kembali digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami kehilangan kontak yang penting di perangkat Anda.

3 dari 6 halaman

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus dengan Google Contact

Apakah Anda pernah kehilangan kontak yang penting di ponsel Anda? Jangan khawatir, ada cara mudah untuk mengembalikan kontak yang terhapus dengan menggunakan Google Contact. Berikut adalah langkah-langkah lengkapnya:

1. Pertama, masuk ke browser Google Contact pada perangkat Anda.

2. Selanjutnya, login menggunakan akun Gmail yang terhubung dengan smartphone Anda.

3. Setelah berhasil login, klik ikon "Settings" yang terletak di bagian kanan atas halaman.

4. Pilih opsi "Undo Changes" dari menu yang muncul.

5. Anda akan melihat daftar opsi periode waktu, seperti 10 menit yang lalu, 1 jam yang lalu, Kemarin, 1 minggu yang lalu, atau opsi "Custom" untuk memilih periode waktu sendiri.

6. Pilih periode waktu yang sesuai dengan saat Anda kehilangan kontak.

7. Terakhir, klik tombol "Undo" untuk mengembalikan kontak yang terhapus.

8. Google Contact akan mengembalikan nomor kontak yang terhapus sesuai dengan periode waktu yang Anda pilih.

9. Pastikan untuk secara berkala memeriksa menu daftar kontak Anda untuk melihat apakah nomor kontak yang hilang telah berhasil dikembalikan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan kontak yang terhapus di ponsel Anda menggunakan Google Contact. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi kehilangan nomor kontak yang penting.

4 dari 6 halaman

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus dengan Aplikasi Recover Deleted Contact

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone adalah kehilangan kontak yang terhapus secara tidak sengaja. Namun, jangan khawatir, ada cara untuk mengembalikan kontak yang terhapus dengan menggunakan aplikasi Recover Deleted Contact.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan kontak yang terhapus menggunakan aplikasi ini:

1. Unduh aplikasi Restore Contact: Recover Deleted Contact melalui Play Store atau App Store.

2. Buka aplikasi tersebut di smartphone Anda.

3. Pada kolom pencarian dalam aplikasi, tulis nama atau nomor kontak yang sebelumnya terhapus.

4. Aplikasi akan melakukan pencarian dan menampilkan nomor yang sebelumnya terhapus.

5. Pilih nomor yang ingin Anda pulihkan dan klik "Restore".

6. Setelah proses pulih selesai, periksa kembali daftar kontak Anda untuk memastikan keberhasilan pemulihan.

Dengan menggunakan aplikasi Recover Deleted Contact, Anda dapat dengan mudah mengembalikan kontak yang terhapus. Aplikasi ini merupakan solusi praktis dan efektif untuk mengatasi masalah kehilangan kontak yang kerap terjadi. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi jika kontak Anda terhapus secara tidak sengaja.

5 dari 6 halaman

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus dengan Gmail

Salah satu cara terakhir untuk mengembalikan kontak yang terhapus adalah dengan menggunakan layanan Gmail. Akun Gmail memiliki fitur yang memungkinkan Anda menyimpan kontak yang pernah disimpan di smartphone Anda, asalkan sinkronisasi telah diaktifkan pada perangkat Android yang Anda gunakan dengan akun Gmail. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengembalikan kontak HP yang terhapus melalui Gmail:

1. Buka akun Gmail Anda dan masuk ke "Inbox".

2. Cari menu dropdown yang bertuliskan "More" dan klik pada opsi tersebut.

3. Pilih "Restore Contact".

4. Anda akan menemukan daftar kontak yang pernah Anda simpan, termasuk yang baru-baru ini, beberapa hari yang lalu, hingga 30 hari yang lalu.

5. Harap diketahui bahwa semua kontak yang disimpan sebelum batas waktu tersebut tidak akan dapat dipulihkan.

6. Namun, Anda perlu berhati-hati jika Anda menambahkan kontak setelah batas waktu tersebut, karena kontak tersebut akan hilang.

7. Terakhir, pilih opsi "Sinkronisasi ulang" atau "Resync".

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengembalikan kontak HP yang terhapus melalui akun Gmail Anda. Pastikan untuk melakukan sinkronisasi secara teratur agar kontak Anda selalu tersimpan dengan aman.

6 dari 6 halaman

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di WhatsApp

Salah satu fitur yang paling berguna pada WhatsApp adalah kemampuannya untuk menyimpan kontak teman atau keluarga dalam daftar kontak telepon Anda. Namun, terkadang kontak dapat terhapus secara tidak sengaja. Jangan khawatir, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang terhapus.

Berikut ini beberapa langkah mengembalikan kontak HP yang terhapus di WhatsApp:

1. Buka Aplikasi WhatsApp dan pilih obrolan grup

Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih salah satu obrolan grup yang ada di WhatsApp. Kemudian, klik info grup yang ada di bagian atas. Gulir ke bawah dan Anda akan menemukan nomor HP anggota grup WhatsApp tersebut.

2. Pilih Nomor yang Ingin Disimpan

Ketuk lama di nomor yang ingin Anda simpan. Kemudian, akan muncul kotak jendela baru, lalu klik "Tambah kontak". Masukkan nama pemilik kontak, lalu tekan "Simpan".

Demikianlah informasi mengenai cara mengembalikan kontak HP yang terhapus secara tidak sengaja di WhatsApp. Pilih cara yang menurut Anda paling mudah dan sesuai dengan Anda. Semoga membantu Anda dalam mengembalikan kontak yang terhapus di WhatsApp.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.