Sukses

Bacaan Tahiyat Akhir Lengkap Sampai Salam, Perhatikan Cara Duduknya

Tahiyat akhir adalah bagian penting dalam shalat yang mengandung doa-doa penuh makna dan penghormatan kepada Allah dan Nabi Muhammad SAW.

Liputan6.com, Jakarta Tahiyat akhir adalah bagian penting dalam shalat yang mengandung doa-doa penuh makna dan penghormatan kepada Allah dan Nabi Muhammad SAW. Bacaan ini dilakukan di akhir shalat sebelum mengucapkan salam, yang menandakan selesainya rangkaian ibadah. Melafalkan tahiyat akhir dengan benar dan penuh khidmat merupakan bentuk kepatuhan dan kekhusyukan seorang muslim dalam menjalankan ibadah shalat.

Bacaan tahiyat akhir mencakup beberapa segmen doa, mulai dari penghormatan, shalawat, hingga doa perlindungan. Setiap kalimat dalam bacaan ini memiliki arti yang mendalam dan penting untuk dipahami oleh setiap muslim. Dengan memahami makna dari setiap kata, seorang muslim dapat lebih menghayati dan merasakan kedekatan dengan Allah SWT.

Selain itu, menguasai bacaan tahiyat akhir hingga salam sangat penting karena merupakan salah satu rukun shalat yang tidak boleh dilewatkan. Membaca dengan tartil dan penuh perhatian membantu menjaga kekhusyukan dalam shalat. Dengan demikian, setiap muslim perlu mempelajari dan menghafal bacaan tahiyat akhir secara menyeluruh agar shalatnya sempurna dan diterima oleh Allah SWT.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan tahiyat akhir lengkap sampai salam yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Cara Duduk Tahiyat Akhir Sesuai Sunah

Sebelum mengetahui bacaan tahiyat akhir lengkap sampai salam, anda perlu memperhatikan cara duduk tahiyat akhir terlebih dahulu. Cara duduk ini telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut ini:

“Diriwayatkan dari Muhammad bin 'Amr bin'Atha', bahwa ketika ia duduk bersama beberapa orang sahahabat Nabi SAW, ia menceritakan cara sholat Nabi. Kemudian berkatalah Abu Hamid as-Sa'idiy: Saya melihatnya ketika bertakbir beliau menjadikan (mengangkat) kedua tangannya setentang dengan bahunya, dan apabila ruku' beliau meletakkan kedua tangannya dengan kuat pada lututnya serta membungkukkan punggungnya, apabila mengangkat kepala beliau meluruskan (badannya) sehingga semua tulang-tulang kembali pada tempatnya. Kemudian apabila bersujud beliau meletakkan kedua tangannya dengan tidak membentangkannya dan tidak pula menyempitkan keduanya serta menghadapkan semua ujung jari-jari kedua kakinya ke arah qiblat. Kemudian apabila duduk pada rakaat kedua beliau duduk di atas kaki kirinya dan mendirikan tapak kaki kanannya, dan apabila duduk pada rakaat terakhir, beliau memajukan kaki kirinya ke depan dan mendirikan tapak kaki yang lain (kanan) dan duduk di tempat duduknya.” (HR. Bukhari)

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Tahiyat Akhir Lengkap Sampai Salam

Salat adalah salah satu dari lima rukun Islam, yang mengingatkan kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salat lima waktu yang menjadi kewajiban bagi setiap muslim adalah shalat subuh, zuhur, asar, magrib, dan isya. Setiap gerakan dan bacaan doa dalam salat harus dilakukan dengan penuh kesungguhan dan ketelitian. Salah satu bacaan yang penting adalah tahiyat.

Pada salat fardu lima waktu, terdapat dua tahiyat, yaitu tahiyat awal dan tahiyat akhir. Keduanya harus dilakukan dengan penuh khusyu' dan tuma'ninah, sebagai bentuk penghormatan kepada Allah. Berikut ini bacaan doa tahiyat akhir sampai salam dalam tulisan arab (Dibaca dari kanan ke kiri), latin dan artinya yang bisa diamalkan:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Arab Latin: Attahiyyatul mubarakatush sholawatuth-thoyyibatu lillaah. Assalamu 'alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. Assalaaamu'alaina wa 'ala 'ibadillahish-sholihiin. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rosulullah.

Allahumma sholli 'ala muhammad wa 'ala aali muhammad kama shollaita 'ala ibrahim wa 'ala aali ibrahim. Allahumma barik 'ala muhammad wa 'ala aali muhammad kama barokta 'ala ibrahim wa 'ala aali ibrahimm fil 'alamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya: " Segala penghormatan, keberkahan, salawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad.

Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Demi alam semesta, sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Setelah Tahiyat Akhir sebelum Salam Agar Terhindar Dari Fitnah Dajjal

Setelah kita membaca doa tahiyat akhir lengkap sampai salam, kita sebenarnya sudah bisa mengakhiri sholat dengan mengucapkan salam. Namun, ada sebuah amalan yang sangat baik untuk kita lakukan setelah tahiyat akhir sebelum salam, Baca doa berikut ini:

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

Arab Latin: Allaahumma inni a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya: " Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari azab Jahannam, dari azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal."

Setelah usai membaca doa tahiyat akhir, ucapkanlah salam sambil menengok ke kanan dan ke kiri. Dengan dibacanya salam maka selesailah sudah shalat yang kamu kerjakan.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Arab Latin: Assalaamu alaikum wa rahmatullah.

Artinya: " Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu."

Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar dilindungi dari siksa kubur, siksa neraka, fitnah-fitnah selama hidup dan setelah mati, serta fitnah dari Dajjal di akhir zaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.