Sukses

7 Fakta Tentang Tidur yang Jarang Diketahui, Bisa Tingkatkan Harapan Hidup

Inilah fakta menarik tentang tidur yang pasti ingin Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan hal yang penting bagi manusia. Periode tidur yang cukup akan sangat membantu seseorang untuk menjaga kondisi tubuh selalu baik. Umumnya, orang disarankan tidur selama 8 jam. Namun, sebagian orang pasti tidak melakukannya karena berbagai alasan.

Banyak orang yang tidak bisa mencapai 8 jam untuk tidur. Hal itu bisa terjadi karena banyak faktor, misalnya insomnia atau sedang banyak kerjaan, yang mengharuskan seseorang begadang dan akhirnya mengurangi jatah waktu tidur.

Padahal, tidur adalah kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh. Jika tidak tidur, maka manusia tidak bisa menjalankan aktivitas di kemudian hari. Kurang tidur saja sudah mengurangi konsentrasi pada otak saat berkegiatan sehari-hari.

Berbicara tentang tidur, ada sejumlah fakta menarik yang jarang diketahui. Mulai dari rekor tidur terlama, hingga mimpi yang kebanyakan dialami manusia. Seperti dilansir Liputan6.com berikut ini dari laman Oddee, Kamis (13/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta menarik tentang tidur

1. Hidup banyak untuk tidur

Kenyataannya adalah manusia akan menghabiskan sekitar 1/3 hidupnya untuk tidur. Itu adalah bagian penting dari hidup seseorang yang tertidur, karena baik untuk kesehatan.

2. Rekor terlama tidur selama 11 hari

Ketika berbicara tentang tidur, kebanyakan orang tidur sekitar 8 jam. Beberapa orang tidur berlebihan sekitar satu atau dua jam, meski umumnya tidak lebih dari itu. Menariknya, pemegang rekor dunia untuk tidur terlama adalah 11 hari.

3. Tidur berjalan bak zombie

Berjalan sambil tidur pasti dapat mengagetkan orang yang tidak menduganya, dan mereka akan terlihat seperti zombie. Anda mungkin mengira berjalan sambil tidur adalah fenomena langka, namun kenyataannya sekitar 15 persen populasi berjalan sambil tidur. Coba pikirkan, jika Anda tidur sendirian, mungkin sulit untuk mengetahui bahwa Anda melakukannya.

 

3 dari 4 halaman

Fakta menarik tentang tidur

4. Mimpi berwarna hitam putih

Hal menarik lainnya untuk diketahui adalah banyak mimpi yang berwarna hitam putih. Ya, 11 persen orang tidak bermimpi tentang warna atau skema warna canggih apa pun seperti yang muncul dari layar TV saat ini.

5. Tidur bisa turunkan berat badan

Hal ini memang cukup aneh, namun tidur yang cukup dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena tidur mengurangi nafsu makan Anda sebesar 45 persen, yang membuat perbedaan besar jika Anda mencoba menurunkan atau mempertahankan berat badan. Pastikan Anda mematikan lampu, menjaga suhu kamar tetap sejuk, dan memakai seprai yang nyaman untuk meningkatkan kualitas tidur.

 

4 dari 4 halaman

Fakta menarik tentang tidur

 

6. Mimpi bisa diingat dalam waktu lima menit

Kebanyakan orang akan bermimpi dalam tidurnya. Tetapi, tahukah bahwa Anda akan melupakan sekitar 50% mimpi dalam waktu 5 menit setelah bangun tidur. Artinya, Anda mempunyai waktu 5 menit untuk mencatat segala sesuatu yang terjadi dalam mimpi Anda, sehingga dapat membicarakannya nanti.

7. Umur panjang dengan tidur

Tidur yang cukup meningkatkan sirkulasi darah yang baik, membantu mengontrol suasana hati, dan dapat membantu memantau nafsu makan. Tidak mengherankan jika sebuah penelitian menunjukkan bahwa Anda dapat meningkatkan harapan hidup hanya dengan cukup tidur. Perlu diingat bahwa tidur nyenyak berarti tidur delapan jam penuh dan selalu tidur pada waktu yang sama setiap malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.