Sukses

Cara Melacak HP dengan Email, WhatsApp, Serta Fitur Bawaan Lainnya

Selain cara melacak HP dengan email ada juga beberapa metode lain yang dapat dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Kehilangan HP bisa sangat merepotkan, sebab HP bukan hanya sekedar alat  komunikasi, tetapi juga mencakup banyak fungsi lainnya seperti hiburan, penyimpanan data, dan alat pembayaran. Kehilangan HP dapat mengancam keamanan data pribadi pemiliknya.

Pentingnya ponsel dalam kehidupan sehari-hari membuat kehilangannya menjadi sangat mengganggu. Namun, meskipun situasinya dapat menimbulkan kekhawatiran, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk melacak ponsel yang hilang, salah satunya cara melacak HP dengan email. Selain cara melacak HP dengan email  ada juga beberapa metode lain yang dapat dilakukan.

Teknologi modern memungkinkan proses pelacakan dilakukan dengan berbagai aplikasi dan program yang terintegrasi dalam ponsel cerdas. Meskipun ponsel dalam keadaan mati, asalkan terhubung dengan internet, lokasi terakhirnya dapat dilacak melalui berbagai metode seperti menggunakan layanan pencarian Google, IMEI, nomor telepon, dan bahkan aplikasi seperti WhatsApp yang dapat menunjukkan posisi terakhir ponsel berada. Berikut cara melacak HP dengan email dan metode lainnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cara Melacak HP dengan Email

  1. Buka aplikasi browser di PC atau laptop, dan kunjungi situs web Gmail. Login ke akun Gmail yang terhubung dengan HP yang hilang.
  2. Setelah berhasil login, pergi ke sudut kanan atas layar dan klik ikon titik sembilan (biasanya berupa tiga titik atau garis horizontal). Kemudian, pilih opsi "Akun" dari menu yang muncul.
  3. Pada menu "Akun", cari dan klik menu "Keamanan". Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan keamanan akun Google Anda.
  4. Cari bagian yang menyajikan informasi tentang perangkat yang terhubung dengan akun Google Anda di halaman keamanan. Cari HP yang hilang atau ingin Anda lacak.
  5. Setelah menemukan HP yang ingin Anda lacak, klik tombol "Detail selengkapnya" atau opsi serupa yang tersedia di sana.
  6. Di dalam detail perangkat yang hilang, cari dan klik opsi "Cari perangkat" atau "Find My Device". Hal ini akan mengarahkan Anda ke fitur layanan Find My Device milik Google.
  7. Setelah masuk ke fitur Find My Device, mungkin Anda akan melihat sebuah peta yang memperlihatkan lokasi terakhir yang diketahui dari HP Anda. Meskipun tidak selalu menampilkan lokasi secara akurat, ini dapat memberikan perkiraan lokasi terakhir HP Anda.

2. Cara Melacak HP dengan Google

  1. Mulailah dengan membuka situs google.com/android/find di browser Anda. Pastikan Anda menyetujui Google untuk melacak lokasi HP yang hilang.
  2. Login menggunakan akun Google yang terhubung dengan HP yang hilang. Jika ada lebih dari satu akun terhubung, pastikan Anda menggunakan akun yang digunakan sebagai profil utama.
  3. Jika akun Google Anda terhubung dengan lebih dari satu HP, pilih jenis HP yang hilang di bagian kiri atas layar.
  4. Setelah masuk, akan muncul notifikasi pada HP yang hilang dari Google Play Service. Anda akan melihat informasi mengenai lokasi HP di Google Maps. Perlu diingat bahwa lokasi yang ditampilkan mungkin tidak selalu akurat, tetapi bisa memberikan perkiraan lokasi terakhir HP Anda.

Fitur Tambahan Google

  1. Putar Suara (Play Sound)
  2. Memungkinkan HP untuk berdering selama 5 menit walaupun dalam mode getar atau silent, membantu Anda menemukan HP di sekitar Anda.
  3. Amankan Perangkat (Secure Device)
  4. Anda dapat mengunci perangkat dan menampilkan pesan di layar kunci untuk memudahkan orang yang menemukan HP untuk menghubungi Anda.
  5. Hapus Perangkat (Eraser Device)
  6. Jika diperlukan, Anda dapat menghapus seluruh data di HP secara permanen. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini juga akan menonaktifkan aplikasi Find My Device.
3 dari 5 halaman

3. Cara Melacak HP Lewat WhatsApp

  1. Gunakan HP lain untuk masuk ke aplikasi WhatsApp.
  2. Cari kontak atau nomor WhatsApp yang terhubung dengan HP yang hilang.
  3. Klik ikon "Attach" atau "Lampiran", lalu pilih ikon lokasi untuk membagikan lokasi terkini Anda.
  4. Pilih waktu berbagi lokasi paling lama, yakni 8 jam, dan klik "Selanjutnya".
  5. Ketika penerima menerima lokasi Anda, mereka dapat membuka lokasi tersebut dan mengklik "Dapatkan arah" untuk membuka Google Maps dan mengarahkan mereka ke lokasi HP yang hilang.

4. Cara Melacak HP dengan Google Maps

  1. Buka aplikasi Google Maps di HP lain.
  2. Klik profil di kanan atas, lalu pilih menu "Location Sharing" atau "Bagikan Lokasi".
  3. Pilih waktu pelacakan antara "Selama satu jam" atau "Hingga dinonaktifkan user".
  4. Pilih opsi email yang sering Anda akses untuk dipilih. Geser ke kanan dan klik "More" untuk menentukan email yang akan Anda bagikan lokasi terkini.
  5. Ketik alamat email yang akan dipercaya untuk berbagi lokasi HP Anda. Setelah itu, lokasi HP Anda bisa dilacak selama fitur berbagi lokasi tetap aktif.
4 dari 5 halaman

5. Cara Melacak HP dalam Keadaan Mati dengan Google Maps

  1. Mulailah dengan membuka aplikasi Google Maps di perangkat lain yang tersedia.
  2. Klik ikon segitiga kecil di bagian kanan halaman dan pilih opsi "Tambah Akun". Masukkan alamat email yang digunakan di HP yang hilang dan tuliskan kata sandi. Setelah itu, klik "Saya Setuju".
  3. Setelah berhasil login, klik ikon segitiga kecil di kiri atas halaman dan pilih opsi "Linimasa".
  4. Aplikasi Google Maps akan mulai menunjukkan lokasi HP Android yang hilang berdasarkan informasi yang tersedia.

6. Cara Melacak HP dengan IMEI

  1. Cek Nomor IMEI dengan cara Ketik *#06# tanpa mengetuk tombol panggilan atau buka menu "Settings" di HP > "About Phone" atau "Tentang Ponsel" untuk melihat informasi nomor IMEI.
  2. Setelah mendapatkan nomor IMEI, Anda dapat meminta bantuan kepada pihak kepolisian atau provider untuk melacak HP yang hilang. Mereka dapat menggunakan nomor IMEI untuk membantu melacak HP Anda dengan lebih akurat.
5 dari 5 halaman

7. Cara Melacak HP dengan Nomor Telepon

  1. Masuk ke aplikasi Google Maps dan buka menu "Option", lalu masuk ke layanan "Friend List".
  2. Pada layanan Friend List, masukkan nomor HP yang hilang untuk memulai proses pencarian.
  3. Setelah memasukkan nomor, klik nomor provider tersebut dan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan informasi terkait lokasi terkini HP yang digunakan pada nomor HP tersebut.
  4. Anda dapat mengikuti rute yang ditampilkan menggunakan bantuan Google Maps untuk mencapai lokasi HP yang hilang.

8. Cara Melacak HP dengan Akun Khusus

  1. Pengguna iPhone bisa menggunakan iCloud, pengguna Samsung bisa mengandalkan Samsung Find My Mobile, sementara pengguna Xiaomi bisa melacak HP yang hilang dengan Mi Cloud.
  2. Masuk ke situs resmi layanan yang sesuai dengan merek smartphone Anda, seperti iCloud untuk iPhone, Samsung Find My Mobile untuk Samsung, atau Mi Cloud untuk Xiaomi. Masukkan alamat email atau data akun khusus yang terkoneksi dengan HP yang hilang.
  3. Setelah login, Anda akan dapat melacak lokasi terkini HP yang hilang dan bahkan mengamankan data-data pada smartphone tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.