Sukses

6 Potret Vending Machine Ini Jual Tanaman dan Hewan Hidup, Tak Habis Pikir

Barang teraneh yang dijual di vending machine atau mesin penjual otomatis Jepang, ada tanaman dan hewan hidup.

Liputan6.com, Jakarta Jepang memiliki vending machine atau mesin penjual otomatis terbesar di dunia. Ini berdasarkan populasi dan luas lahan. Mesin penjual otomatis mereka menyajikan hampir semua hal, mulai dari makanan, pakaian, hingga barang koleksi yang tidak biasa sekaligus aneh.

Mereka juga menjual barang-barang yang tidak pernah dibayangkan atau bahkan dibutuhkan. Barang-barang anti mainstream itu tak pernah dipikirkan untuk dibeli dari vending machine. Seperti menjual tanaman dan hewan hidup.

Menjual barang-barang yang tidak seperti pada umumnya, membuat mesin penjual otomatis Jepang melegenda di seluruh dunia. Beberapa contohnya adalah vending machine yang menjual kumbang hidup dan selada segar.

Mesin Kabutomushi (kumbang bertanduk) sangat populer di kalangan pembeli, sehingga muncul pula jenis serangga lain yang dijual lewat mesin. Di Jepang ada banyak mesin penjual otomatis yang melayani juru masak rumahan, termasuk mesin yang menjual selada yang ditanam segar di mesin tersebut setiap hari.

Penasaran ada tanaman dan hewan hidup apa lagi? Berikut ini 6 potret vending machine yang jual barang anti mainstream, dilansir Liputan6.com dari Oddee pada Kamis (4/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kumbang bertanduk

Kabutomushi (kumbang bertanduk) dianggap membawa keberuntungan dan mainan yang menyenangkan di Jepang. Kumbang hidup dijual di mesin penjual otomatis sehingga anak-anak dapat bermain dengannya dan kolektor serangga dapat menambahkannya ke koleksi mereka seperti Pokemon.

Mesin kabutomushi sangat populer di kalangan pembeli sehingga jenis serangga lain mulai bermunculan di mesin, seperti tarantula, belalang sembah, dan kecoa, sehingga pengumpul serangga dapat memperluas koleksinya.

3 dari 7 halaman

2. Selada segar

Sangat masuk akal untuk menjual pisang di mesin penjual otomatis sehingga orang dapat membeli camilan sehat ketika mereka lapar. Begitu juga dengan menjual sayuran, masuk akal karena alasan yang sama. Tetapi siapa yang mau membeli selada segar dari mesin penjual otomatis?

Jawabnya adalah orang-orang yang pulang ke rumah untuk membuat makan malam. Dan di Jepang ada banyak mesin penjual otomatis yang melayani juru masak rumahan termasuk mesin yang menjual selada yang ditanam segar di mesin tersebut setiap hari.

4 dari 7 halaman

3. Anak anjing hidup

Penjualan anak anjing di toko hewan peliharaan dianggap kontroversial dan salah di Amerika, namun di Tokyo praktik ini sangat diterima sehingga beberapa toko hewan peliharaan mulai menyiapkan mesin penjual otomatis yang berisi anak anjing segar di luar toko mereka.

Sudah pasti menarik banyak perhatian mereka. Vending machine anak anjing ini sebenarnya hanyalah kubus plastik bening dengan gambar anak anjing di dalamnya dan label harga di bagian luarnya. Jadi jangan khawatir, anak anjing kecil itu tidak perlu "diberikan" oleh mesin penjual otomatis sebelum mereka pulang bersama pemilik barunya.

5 dari 7 halaman

4. Rangkaian bunga segar

Menjual rangkaian bunga segar dari mesin penjual otomatis mungkin tampak agak aneh. Namun jika dipikir-pikir, ada kalanya rangkaian bunga segar akan berguna, seperti saat Anda akan bertemu mertua, khususnya untuk pertama kali.

Ditambah lagi tingginya biaya real estate di Tokyo membuat toko bunga hampir mustahil untuk bertahan hidup, sehingga penjual bunga harus menjajakan kelopak bunga mereka melalui mesin penjual otomatis.

6 dari 7 halaman

5. Lobster hidup

Jepang adalah negara yang kaya akan makanan laut sehingga Anda dapat menemukan makanan laut segar ke mana pun Anda pergi- bahkan di mesin penjual otomatis!

Ada permainan mesin cakar bergaya derek yang memungkinkan orang mengambil dan membeli lobster hidup segar, sehingga mereka bisa pulang dengan makan malam lezat dan cerita tentang bagaimana mereka memilih lobster itu.

7 dari 7 halaman

6. Sup ikan terbang

Meminum sup kacang hitam dari kaleng adalah satu hal yang biasa. Tapi bisakah Anda membayangkan meminum sekaleng hangat berisi sup ikan, lengkap dengan ikan utuh, dari kaleng?

Nah, sup ikan terbang yang dijual di mesin penjual otomatis di Jepang tidak boleh dikonsumsi saat bepergian, melainkan harus dibawa pulang dan ditambahkan ke makanan yang sedang Anda siapkan, sehingga mereka dapat menikmati rasa ikan terbang legendaris di dalam makanan dengan harga murah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.