Sukses

12 Hantu Luar Negeri yang Mirip dengan Hantu Indonesia

Hantu-hantu luar negeri yang mirip hantu Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Dunia hantu selalu menghadirkan cerita-cerita yang menarik dan misterius, tak terkecuali dengan hantu-hantu dari berbagai belahan dunia yang memiliki kesamaan dengan hantu-hantu dalam cerita seram Indonesia. Dari hutan-hutan belantara hingga kisah-kisah tua yang tersebar di berbagai tradisi, hantu-hantu ini mengundang rasa penasaran yang tak terbendung. Ada sesuatu yang menakjubkan tentang bagaimana cerita-cerita seram bisa menyebar dari satu budaya ke budaya lain, membawa bersama cerita-cerita yang seringkali membingungkan batas antara kenyataan dan mitos.

Melalui pengamatan yang mendalam, kita akan mengungkap kisah-kisah menarik tentang hantu-hantu dari negara-negara seberang yang memiliki kesamaan dengan hantu-hantu dalam cerita seram Indonesia. Mulai dari hantu-hantu yang suka membalas dendam hingga makhluk-makhluk astral yang mencuri perhatian, setiap hantu memiliki cerita dan sifat yang mengundang rasa ingin tahu yang mendalam. Ada pesona tersendiri dalam menjelajahi legenda-legenda horor dari berbagai budaya, menyingkap rahasia-rahasia yang selama ini tersembunyi di balik kabut misteri.

Sambil kita memasuki lorong-lorong gelap dunia hantu, kita akan merasakan getaran ketegangan yang tiada henti. Dibalut dengan penampakan mengerikan dan cerita-cerita seram yang memikat, hantu-hantu dari luar negeri ini menanti untuk diungkapkan lebih lanjut. Bersiaplah untuk memasuki dunia yang penuh dengan misteri, di mana batas antara kenyataan dan imajinasi terkadang kabur, dan di mana setiap cerita menjanjikan petualangan yang tak terlupakan.

Untuk referensi Anda, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber hantu-hantu luar negeri yang mirip hantu Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Krasue (Thailand)

Hantu Krasue berasal dari Thailand dan memiliki kesamaan dengan hantu Kuyang di Indonesia. Krasue adalah hantu yang terdiri dari kepala dengan usus dan jeroan yang masih menempel di lehernya. Sosok ini biasanya muncul pada malam hari untuk memburu darah hewan atau bahkan bayi. Cerita-cerita seram tentang Krasue seringkali menimbulkan rasa takut karena penampilannya yang mengerikan dan kebiasaannya yang mengerikan.

2. Pontianak (Malaysia)

Hantu Pontianak berasal dari Malaysia dan memiliki kemiripan dengan hantu Kuntilanak di Indonesia. Pontianak adalah sosok hantu wanita yang sering digambarkan dengan berambut panjang, berwajah pucat, dan mengenakan baju putih. Konon, Pontianak adalah roh wanita yang meninggal dunia dalam keadaan hamil atau saat melahirkan. Kisah-kisah tentang Pontianak sering mengisahkan tentang penampakan mengerikan di malam hari, di mana ia menghantui dan menakuti manusia.

3. Hantu Bungkus (Malaysia)

Hantu Bungkus, yang juga dikenal sebagai Pocong di Indonesia, adalah hantu yang memiliki penampakan tubuh yang dibungkus oleh kain kafan. Di Malaysia, hantu ini juga dikenal dengan nama Pocong dan sering muncul dalam cerita-cerita seram. Pocong atau Hantu Bungkus sering diasosiasikan dengan makhluk yang belum mendapatkan pemakaman yang layak, sehingga mereka menghantui orang-orang yang masih hidup.

4. Phi Am (Thailand)

Phi Am merupakan hantu di Thailand yang memiliki kemiripan dengan fenomena ketindihan jin atau setan saat tidur yang sering didengar di Indonesia. Hantu Phi Am dikaitkan dengan pengalaman tidur yang mengganggu dan menekan, seringkali membuat orang merasa sulit bernapas atau bergerak saat tidur. Fenomena ini menciptakan kesan misterius dan menakutkan bagi yang mengalaminya.

3 dari 4 halaman

5. Toyol (Malaysia)

Toyol di Malaysia serupa dengan Tuyul di Indonesia. Toyol adalah makhluk astral bertubuh kecil yang diyakini suka mencuri uang atau barang-barang berharga untuk pesugihan. Kisah-kisah tentang Toyol seringkali menggambarkan mereka sebagai anak kecil yang diperbudak untuk melakukan perbuatan jahat oleh seseorang yang memiliki kekuatan supranatural.

6. Phi Lang Kluang (Thailand)

Phi Lang Kluang di Thailand memiliki kemiripan dengan hantu Sundel Bolong di Indonesia. Keduanya adalah hantu wanita yang mengganggu dengan penampilan yang mengerikan. Phi Lang Kluang seringkali menyamar sebagai manusia untuk mengganggu atau menakut-nakuti orang, dan pada akhirnya, mereka akan menampakkan wujud asli mereka yang penuh dengan belatung, nanah, dan luka bolong yang menganga.

7. Wewe Gombel (Indonesia) dan La Llorona (Meksiko)

Wewe Gombel adalah hantu wanita di Indonesia yang memiliki kesamaan dengan La Llorona di Meksiko. Keduanya sering mengganggu anak kecil, meskipun dengan perilaku yang sedikit berbeda. La Llorona diceritakan suka menenggelamkan anak kecil, sementara Wewe Gombel lebih sering menyembunyikan anak kecil yang hilang untuk kemudian mengembalikannya kepada keluarganya.

8. Tiyanak (Filipina)

Tiyanak dari Filipina mirip dengan Tuyul di Indonesia. Hantu ini memiliki gambaran fisik yang nyaris sama dengan Tuyul dan merupakan hantu dari janin yang meninggal dunia. Tiyanak seringkali memancing orang dengan tangisannya yang mirip bayi untuk menarik perhatian dan kemudian menyerang mereka.

4 dari 4 halaman

9. Uji no Hashihime (Jepang)

Uji no Hashihime dari Jepang mirip dengan hantu Si Manis Jembatan Ancol di Indonesia. Keduanya merupakan sosok wanita yang seringkali muncul di jembatan dengan cerita seram yang melibatkan mereka. Uji no Hashihime kerap dikaitkan dengan legenda jembatan Uji di Jepang, di mana mereka akan mengganggu orang-orang yang melewati jembatan tersebut dengan tindakan-tindakan mengerikan.

10. Yurei (Jepang)

Yurei adalah hantu di Jepang yang seringkali memiliki kesamaan dengan hantu-hantu dalam cerita seram Indonesia seperti Pocong atau Kuntilanak. Yurei adalah arwah orang yang meninggal dengan cara tragis, seperti bunuh diri atau pembunuhan, dan kembali untuk membalas dendam atau menyelesaikan urusan yang belum terselesaikan. Mereka sering digambarkan dengan penampilan mengerikan, wajah pucat, rambut panjang mengurai, dan pakaian tradisional Jepang.

11. Onryo (Jepang)

Onryo juga berasal dari Jepang dan memiliki kesamaan dengan hantu-hantu yang suka membalas dendam dalam cerita seram Indonesia. Onryo adalah arwah yang kembali dari kematian dengan niat membalas dendam atau melampiaskan kemarahan. Mereka sering digambarkan dengan penampilan yang mengerikan dan perilaku yang menakutkan, seperti mengejar orang-orang yang dianggap bersalah terhadap mereka.

12. Preta (India, Tibet, China)

Preta adalah hantu dalam agama-agama Asia Selatan yang seringkali mengingatkan pada hantu-hantu dalam cerita seram Indonesia. Preta menderita karena kelaparan dan haus yang tak terpuaskan, dan kehadirannya mencerminkan sisi kelaparan rohani dan kesengsaraan. Mereka sering dianggap sebagai arwah yang tidak tenang karena keinginan duniawi yang tak terpenuhi selama hidupnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.