Sukses

5 Amalan Malam Nuzulul Quran dan Keutamaannya untuk Umat Islam

Nuzulul Quran merupakan peristiwa yang berhubungan dengan turunnya Al-Qur'an.

Liputan6.com, Jakarta Nuzulul Quran merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam, yang diperingati setiap 17 Ramadhan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti Nuzulul Quran adalah turunnya (wahyu) Al-Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW ketika beliau menyepi di Gua Hira pada tanggal 17 Ramadhan pada usia beliau yang ke-40 tahun.

Nuzulul Quran merupakan peristiwa yang berhubungan dengan turunnya Al-Qur'an. Pada malam Nuzulul Quran umat Islam berlomba mencari berkah dengan amalan-amalan baik. Malam Nuzulul Quran selalu diisi dengan doa, ceramah atau kajian khusus bertema Nuzulul Quran.

Nuzulul Quran juga diperingati dalam bentuk acara-acara seperti kasidah, pentas seni, maupun acara syukuran. Selain doa Nuzulul Quran, membaca Al-Qur'an, bersalawat, dan ada berbagai amalan lain bisa kamu lakukan. 

Nuzulul Quran yaitu peristiwa turunnya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa Nuzulul Quran ini tertulis di dalam Surat Al-Baqarah Ayat 185:

“Bulan Ramadhan, bulan yang padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)”.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/3/2024) tentang amalan malam nuzulul quran

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membaca Al-Qur’an

Amalan malam Nuzulul Quran yang pertama adalah istiqomah membaca Al-Quran. Setidaknya cobalah khatam membaca Al Quran satu kali selama bulan Ramadan ini.

Saat wahyu berupa Al-Quran diturunkan, Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut. Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al-Alaq ayat 1-5. Mengingat Nabi Muhammad SAW bukan dari jenis makhluk yang sama. Para ulama memberikan dua kemungkinan: Jibril beralih rupa menjadi manusia, atau sebaliknya.

Adapun mengenai waktu atau tanggal tepatnya kejadian tersebut, terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama, sebagian menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar), sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadan pada tanggal 17 (Al-Bara' bin Azib) ,21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24 (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo').

 

2. I’tikaf

Selanjutnya, amalan malam Nuzulul Quran lainnya yaitu melakukan I’tikaf atau berdiam diri di masjid pada malam hari.

Melakukan I’tikaf sebagai amalan yang dilakukan di malam Nuzulul Quran bukan berarti hanya diam dan tidur tiduran saja di masjid, namun mengisi malam tersebut dengan kegiatan berzikir kepada Allah SWT ataupun membaca Al Quran.

 

3. Memperbanyak Sholat Malam

Selanjutnya, kamu bisa juga mengisi amalan malam Nuzulul Quran dengan memperbanyak salat malam dan berdoa.

Amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran ini bisa membuat lebih menghayati betapa sakral dan pentingnya peristiwa turunnya Al Quran yang menjadi pedoman seumur hidup bagi umat islam ini.

3 dari 4 halaman

4. Melafalkan Doa Nuzulul Quran

Amalan malam Nuzulul Quran berikutnya yaitu melafalkan doa. Ada banyak doa Nuzulul Quran yang dapat diamalkan. Mulai dari dzikir hingga melantunkan ayat Al-Quran. Berikut salah satu contoh doa Nuzulul Quran:

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

"Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al Qur'an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al Qur'an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al Qur'an , selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al Qur'an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al Qur'an."

 

5. Zikir

Zikir merupakan salah satu amalan malam Nuzulul Quran yang bisa kamu laksanakan. Dengan berdzikir sebanyak mungkin selama malam penuh berkah ini, umat Islam tidak hanya dapat memperoleh pahala yang melebihi bayangannya, tapi juga bisa memperoleh berbagai keistimewaan lainnya.

Jangan sia-siakan kesempatan mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT dengan amalan malam Nuzulul Quran ini dan segera amalkan dengan hati yang tulus.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Nuzulul Qur'an

Setelah mengenali amalan malam Nuzulul Quran, kamu tentu perlu mengetahui keutamaannya. Nuzulul Quran yaitu turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW untuk pertama kalinya. Diriwayatkan dalam Hadis Bukhari,

"Dahulu Malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah pada setiap malam Ramadhan, dan selanjutnya ia membaca Al-Quran bersamanya."

Berikut keutamaan Nuzulul Quran bagi muslim:

  1. Keistimewaan Nuzulul Qur'an yang pertama adalah, peristiwa ini telah menguatkan hati Rasulullah dan para sahabat untuk terus berjuang dalam berdakwah dan menyiarkan agama Islam kepada semua orang. Meskipun saat itu Rasul dan para sahabat banyak mendapatkan cemoohan, ejekan, hinaan, serta siksaan dari pembenci Islam.
  2. Keistimewaan selanjutnya adalah, Nuzulul Qur'an merupakan sebuah tantangan serta pertolongan dari Allah untuk umat muslim terus berjuang di jalan Allah dan mengharap ridho Allah.
  3. Nuzulul Qur'an juga memiliki keistimewaan di mana ia merupakan peristiwa turunnya wahyu Allah yang berupa Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dan jawaban atas segala pertanyaan manusia mengenai berbagai hal mulai dari fiqih, hukum hingga hal lain yang sangat penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.