Sukses

Viral Rate Card Kuli Bangunan Lengkap dengan Tarif Kerja, Riders Jadi Sorotan

Viral penampakan rate card seorang kuli bangunan, lengkap dengan pengalaman, skill, tarif kerja hingga riders yang jadi sorotan.

Liputan6.com, Jakarta Zaman semakin maju, teknologi pun makin canggih. Berbagai aplikasi diciptakan untuk mendukung manusia dalam memudahkan pekerjaannya. Karena itu, apa pun kini bisa dibuat secara digital. Seperti sebuah rate card yang terlihat dalam video viral unggahan laman TikTok @bramgantenk.

Video yang viral sudah ditonton hingga 1,5 juta kali itu mencuri perhatian warganet, karena unik dan tampaknya baru pernah ada.

Dalam video berdurasi 57 detik, memperlihatkan rate card seorang kuli bangunan. Rate card adalah rincian harga dan deskripsi suatu layanan. Umumnya, rate card digunakan untuk keperluan promosi produk pada industri iklan atau pemasaran melalui digital.

Adanya rate card kuli bangunan pun tak kalah dari pekerja kantoran. Di dalamnya, tampak tercantum pengalaman kerja serta beberapa kemampuan yang dikuasai sang kuli saat mendirikan bangunan. Kreativitas itu pun menjadi inovasi baru di dunia digital.

"Kreatif banget kuli Jawa," tulis pemilik akun dalam keterangan unggahan, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @bramgantenk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kreatif: rate card kuli ini viral

Dalam video viral, unggahan akun TikTok @bramgantenk menampilkan sebuah rate card yang berwarna cokelat. Di dalamnya terdapat foto seorang pria bernama Mulyadi Prakoso. Pria asli Jawa itu menceritakan pengalamannya selama 6 tahun yang sudah bekerja di bidang pertukangan.

Ia mengaku sudah mengikuti banyak proyek, seperti pembangunan rumah, gedung, tol dan perumahan. Dalam mengerjakan pekerjaannya tersebut, pria tersebut juga mengaku belum pernah gagal dalam membangun selain rumah tangga.

Sesuai dengan pekerjaannya, pria berbaju biru panjang dan bertopi itu menggunakan fotonya saat sedang bekerja menjadi seorang kuli. Pria tersebut juga menyertakan skill pekerjaannya yakni mengaci semen, mencangkul, kelistrikan dan memasang batako.

Uniknya, di dalam ride card itu juga tertulis riders atau permintaan khusus dari sang kuli. Ia meminta disediakan rokok, nasi padang, gorengan dan minuman merk tertentu yang jarang orang tahu. Pria tersebut juga mematok harga Rp70 ribu per jam, Rp150 ribu per hari (8 jam), dan Rp5 juta jika mengerjakan bangunan sampai selesai.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video viral yang menampilkan rate card kuli bangunan itu pun mencuri perhatian netizen. Pasalnya, penampakan rate card kuli sangat jarang ditemukan, bahkan mungkin baru pertama kali. Netizen pun menilai tampilan rate card itu sebagai sebuah inovasi yang kreatif dari seorang kuli bangunan.

"Normalize rate card kuli mulai sekarang," tulis akun Xorai.

"Tapi emang bagus kok hasilnya, gw dah nyoba," tulis akun fuliousdeath.

"Bagus ini. Terus dibuatin aplikasi contoh 'Tukangmu' kek halodoc gitu, jadi kita bisa cari tukang tersebut," tulis akun adit.

"Apa gue bikin juga kali ya buat bapak gue wkwkwk," tulis akun nazza.

"Ih pinter loh itu, perlu diapresiasi sekali, mengikuti perkembangan zaman," tulis akun akubahagia.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@bramgantenk

Kreatif bgt kuli jawa😭 #viral #kuli #panjangjiwo #fyp #lucu

♬ Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod & Kevin The Monkey

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.