Sukses

Bikin Merinding, Pria Ini Alami Komplikasi Akibat 150 Serangga Bersarang di Hidung

Pria asal Florida diduga terkena myiasis hidung, jumlah larva bikin netizen bergidik.

Liputan6.com, Jakarta Myiasis hidung adalah suatu kondisi medis yang terjadi, ketika larva (tahap larva) dari lalat menyerang dan menginfeksi rongga hidung dan sinus seseorang. Larva ini dapat memakan jaringan hidung, sinus, atau bahkan cairan tubuh yang ada di dalamnya.

Penyebab utama myiasis hidung biasanya terkait dengan paparan seseorang, terhadap lalat yang bertelur atau menempatkan larva di area hidung. Meski menjadi kasus yang jarang terjadi, baru-baru ini dunia maya kembali dibuat geger dan merinding, ketika melihat seorang pria di Florida yang hidungnya dipenuhi oleh larva. 

Setelah berbulan-bulan merasa tidak enak badan, pada bulan Februari pria ini menjalani pengobatan. Saat itu pula dokter berhasil mengeluarkan 150 serangga hidup dalam tahap larva dari hidung dan sinus. Adapun proses ekstraksi serangga yang dijalani tidak hanya sulit, tetapi juga berisiko karena mereka berada dekat dengan dasar tengkorak dan di bawah otak.

Berikut ini kisah pria alami kondisi langka yaitu myiasis hidung yang Liputan6.com rangkum dari Nypost, Minggu (25/2/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Miliki 150 serangga hidup dalam tahap larva dari hidung

Seorang pria asal Florida akhirnya menemukan penyebab ketidaknyamanannya, setelah berbulan-bulan mengalami gejala yang tidak biasa. Ia merasakan ketidaknyamanan sejak Oktober, tetapi situasinya memburuk pada tanggal 9 Februari ketika wajah dan bibirnya membengkak.

Karena tak sanggup menahan sakitnya, pria yang tidak diketahui identitasnya ini kemudian mencari bantuan medis di Rumah Sakit HCA Florida Memorial. Dokter akhirnya menemukan bahwa hidung dan sinusnya telah dihuni oleh lusinan larva serangga.

Pria tersebut menggambarkan kondisinya, "Saya mulai mengalami mimisan, mimisan terus-menerus. Saya bahkan tidak bisa bangun untuk pergi ke kamar mandi tanpa hidung saya mulai berdarah."

Dokter David Carlson yang melakukan pemeriksaan, menyatakan bahwa ia melihat gerakan aneh dan memutuskan untuk memeriksa lebih lanjut dengan kamera. Hasilnya, mereka menemukan larva serangga yang sedang memakan bagian dalam hidung dan rongga sinus, menyebabkan peradangan pada pria tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Akibat lalai mencuci tangan sehabis menangkap ikan

Proses ekstraksi serangga tersebut tidaklah mudah dan Carlson menjelaskan, "Mereka berada tepat di dasar tengkoraknya, tepat di bawah otaknya, jika mereka melewatinya maka hal itu bisa membunuhnya."

Pria tersebut menduga bahwa serangga-parasit ini masuk setelah dia menangani ikan mati. Untuk mencegah kejadian serupa di masa depan, ia berencana untuk mengubah gaya hidupnya. Ini seperti lebih berhati-hati saat menangani ikan dan menggunakan pembersih, agar tidak menyentuh hidung atau tangan secara langsung.

Kasus yang langka ini diketahui sebagai myiasis hidung, yaitu serangan larva lalat. Carlson, seorang spesialis telinga, hidung dan tenggorokan, mengatakan bahwa ini merupakan kasus yang belum pernah ia dokumentasikan sepanjang karirnya. Meskipun pria tersebut telah menjalani operasi pengangkatan tumor kanker dari hidungnya, dokter memberikan obat kumur antiparasit khusus untuk membantu pemulihannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.