Sukses

Ilmuwan Buat Pakaian Berlapis Berlian Nggak Bikin Gerah, Jadi Hemat AC

Pakaian berlapis berlian anti panas.

Liputan6.com, Jakarta Dunia fashion yang semakin berkembang melahirkan berbagai jenis pakaian. Sesederhana musim panas paling cocok mengenakan pakaian tipis. Begitu pula sebaliknya saat musim dingin. Hingga baru-baru ini ada inovasi pakaian yang bisa mendinginkan pemakainya saat berada di tempat panas. Menariknya, pakaian ini dilapisi berlian. 

Pakaian berlapis berlian mungkin terdengar seperti sesuatu yang keluar dari film fiksi ilmiah, tetapi kini menjadi kenyataan eksperimental. Dibalik gemerlapnya berlian, tersimpan sistem yang unik dan inovatif dalam menjaga kesejukan pemakainya.

Dalam eksperimen yang dipimpin oleh dokter Shadi Houshyar dan Aisha Rehman dari Universitas RMIT Australia, pakaian berlapis berlian menggunakan nanodiamond untuk menarik panas dari tubuh penggunanya. Nanodiamond, partikel berlian berskala nano, memiliki konduktivitas termal yang sangat baik, sehingga mampu menghantarkan panas dengan efisien.

Meski berukuran mungil dan tipis, namun lapisan berlian nanodiamond bisa menurunkan suhu ruangan beberapa derajat suhu ruangan yang panas sehingga bisa hemat AC di tengah pemanasan global. Berikut Liputan6.com merangkum temuan baru ilmuwan ini melansir dari New Atlas, Minggu (18/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakain Berlapis Berlian Bikin Nyaman

Menurut dokter Houshyar, meskipun perbedaan suhu yang dihasilkan oleh pakaian berlapis berlian mungkin terlihat kecil, namun hal ini memiliki dampak besar pada kenyamanan dan kesehatan pemakainya dalam jangka waktu yang panjang. 

Bahkan, perbedaan 2 hingga 3 derajat Celcius dapat mempengaruhi penggunaan pendingin udara (AC) dan secara tidak langsung. Alhasil pakaian ini bisa mengurangi konsumsi energi yang digunakan. Di tengah perubahan iklim dan kenaikan suhu yang semakin terasa. 

Tidak hanya itu, teknologi ini juga memiliki potensi untuk digunakan dalam melindungi bangunan dari panas berlebih, yang pada gilirannya dapat memberikan manfaat bagi lingkungan. 

Dengan demikian, pakaian berlapis berlian tidak hanya menjanjikan kenyamanan bagi pemakainya, tetapi juga membuka peluang untuk inovasi dalam bidang perlindungan lingkungan.

3 dari 3 halaman

Proses Membuat Pakaian berlapis Berlian

Pembuatan pakaian unik ini melibatkan pencampuran bubuk nanodiamond dengan poliuretan dan pelarut. Setelah dibiarkan mengering, hasilnya adalah lapisan kain yang terdiri dari jaringan serat nano yang terikat pada serat kapas yang lebih besar.

Jika kain tersebut akan digunakan pada pakaian, sisi yang dilapisi akan menghadap ke dalam kulit pemakainya. Permukaan luar dibiarkan tidak dilapisi agar tidak menarik panas sekitar.

Pakaian berlapis berlian adalah salah satu contoh inovasi yang menggabungkan keindahan dan fungsionalitas. Dengan sistem pendingin berlian yang unik, pakaian ini menawarkan pengalaman pemakaian yang lebih sejuk dan nyaman, sambil membuka pintu untuk aplikasi yang lebih luas dalam berbagai bidang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.